Demam sudah 3 hari apa penyebabnya?

PR Info Penanya: PR, Wanita, 26 Tahun
Malam dok...Saya sudah 3 hari demam panas dinginKepala saya sakit dan pusingMulut agak pahitHidung mampet sebelah kananIni gejala apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya diatas 37,5 C. Demam menjadi salah satu tanda paling umum ketika tubuh sedang melawan infeksi yang menyerang kesehatan.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan demam :

  • Demam berdarah
    Demam berdarah merupakan penyakit infeksi virus dengue yang disebabkan karena gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejala lain demam berdarah, seperti munculnya ruam pada beberapa bagian tubuh, mengalami mual, muntah, nyeri pada bagian mata, dan nyeri tulang. 
  • Tifoid
    Disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang tertelan oleh pengidap dan biasanya menyebar lewat makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. 
  • Malaria
    Penyebab dari penyakit malaria adalah Parasite plasmodium. Gejala lain yang dialami oleh pengidap malaria, seperti sakit kepala, panas dingin, tubuh berkeringat, muntah dan terkadang disertai nyeri otot, dan diare.

Untuk memastikan penyakit yang Anda alami sebaiknya lakukan pemeriksaan lab darah, jika hingga lebih dari 3 hari demam Anda tidak turun. Untuk mengatasi demam Anda di rumah, Anda bisa lakukan kompres hangat di area dahi dan ketiak, dan juga konsumsi obat penurun panas untuk membantu menurunkan demam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada dua jenis kompres yang sering digunakan, yaitu kompres panas dan dingin

Kompres Hangat vs. Kompres Dingin, Kenali Manfaat dan Penggunaannya

Kompres hangat dan kompres dingin sama-sama memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi medis tertentu. Namun demikian, penting untuk memahami perbedaan keduanya, agar dapat menerapkan fungsi kedua jenis kompres ini secara optimal.