Apa penyebab jantung berdebar?

WS Info Penanya: WS, Pria, 1 Tahun
Malam dok, jantung saya akhir akhir ini berdebar kencang tak beraturan, kepala pusing dan badan panas secara tiba tiba tetapi beberapa menit kemudian panas nya turun dan badan lemas dan gemetar, gejala apa yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Jantung yang berdebar merupakan suatu kondisi dimana jantung Anda berdenyut tidak normal. Normalnya jantung berdenyut 60-100 kali per menit.  Jika lebih dari 100 kali per menit, maka dikatakan takikardia atau jantung berdebar. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa hal. 

Penyebab jantung berdebar, yaitu:

  • Aktivitas fisik yang berlebihan. 
  • Akibat konsumsi alkohol, kafein, nikotin, ganja, dll.
  • Kondisi emosi seperti rasa cemas, panik, takut berlebihan. 
  • Kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung, demam, gangguan tiroid, gangguan gula darah, dehidrasi, dan anemia.
  • Penggunaan obat-obatan seperti asma, obat flu, batuk, dll
  • Depresi. 

Dari kondisi Anda ini, kemungkinan penyebabnya karena demam yang Anda rasakan. Kondisi demam memang bisa menyebabkan jantung berdebar-debar. Untuk itu, dalam mengatasi keluhan ini, Anda harus mengatasi demamnya dulu. Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan paracetamol atau ibuprofen, banyak minum air hangat, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan dibantu dengan kompres air hangat atau dingin. Jika demamnya sudah berhari-hari, saya sarankan untuk lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung dan dilakukan tes lab darah untuk memastikan penyebabnya karena apa dan dapat diberikan terapi yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita berusia 55 tahun atau lebih memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar

11 Faktor yang Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang paling mematikan di dunia. Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung. Apa saja itu?