Gejala Pusing pada anak perempuan usia 12 tahun, apakah penyebabnya?

S Info Penanya: S, Pria, 47 Tahun
"Dokter saya ingin bertanyaAnak saya perempuan usia 12 thn dia sering mengalami pusin hampir tiap hari , kira kira kenapa ya Dok? saat ini anak Sy masih belajar di pesantren. Terimakasih atas jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, bpk. S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pusing dan sakit kepala pada anak remaja perempuan biasanya dikarenakan faktor stres, dalam bahasa medis disebut tension-type headaches. Nyeri bisa dirasakan di hampir seluruh bagian kepala. Terasa tajam, tumpul atau berdenyut. Bisa juga dirasakan di wajah dan leher. Nyeri kepala pada remaja biasanya ringan dan dapat ditangani.

Faktori penyebabnya adalah stres, tekanan atau depresi. Bisa juga karena kelelahan pada mata, leher atau punggung. Nyerinya seperti ada ikat di kepala, bisa kambuh sesekali atau menjadi kronis (>15x tiap bulannya.)

Tips untuk menangani sakit kepalanya

  1. relaksasi pada saat senggang
  2. makanan sehat dan seimbang, jangan sampai telat makan.
  3. tidur yang cukup, jangan begadang main gadget
  4. hindari zat-zat terlarang
  5. olahraga, aktivitas fisik mengurangi stres dan membantu tidur. Olahraga juga menghasilkan endorphin sebagai anti nyeri alami.
  6. istirahatkan mata, jangan memandang layar elektronik lebih dari 20 menit.
  7. perhatikan postur, berjalan atau duduk dengan posisi tegak

Perhatikan juga apakah putri bapak sudah mulai datang bulan. Karena siklus haid mempengaruhi kadar hormon tubuh yang bisa mengakibatkan pusing dan nyeri kepala. Menstruasi juga bisa mengakibatkan anemia dengan salah satu gejalanya pusing. Bila ada keraguan lebih baik dievaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Anak dengan keahlian khusus pada Saraf Anak. Terutama bila ada gejala hilang keseimbangan, baal, kesemutan, gangguan bicara atau kejang.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga balita ternyata mampu mentolerir suara dari film yang diputar saat nonton bioskop

Bolehkah Ajak Anak Balita Nonton Bioskop? Ini Kata Dokter Spesialis THT

Telinga balita masih mampu mentolerir suara film di bioskop. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan film yang akan ditonton. Jika mendengar suara terlalu keras, balita berisiko mengalami gangguan pada telinga dalam.