gejala prostat kencing kencing padahal gula darah normal

MY Info Penanya: MY, Pria, 39 Tahun
Saya mau bertanya apakah saya kena gejala prostat kok kencing-kencing padahal gula darah saya normal yaitu sebelum makan sekitar 100 setelah makan 140 apakah saya kena kencing manis mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MY

Keluhan yang anda alami adalah bagian dari masalah saluran kemih bagian bawah yang termasuk gangguan berkemih atau obstruktif seperti keragu-raguan, aliran yang buruk dan/atau terputus-putus, mengejan, berkemih yang berkepanjangan, perasaan mengosongkan kandung kemih yang tidak lengkap, gejala iritasi seperti  frekuensi kencing yang sering, urgensi tidak bisa menahan kencing atau kencing saat malam hari sebentar-bentar.

Keluhan anda ini dapat disebabkan beberapa penyakit seperti infeksi dan batu saluran kemih, sumbatan prostat yang semakin membesar seiring pertambahan usia tua. 

Keluhan kencing sebentar bentar juga dapat terjadi pada kondisi diabetes militus karena kadar gula darah yang tinggi membuat diuresis osmotik. Namun kadar gula darah anda masih termasuk normal 100 dan setelah makan 140.

Saya sarankan agar anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis saluran kemih atau urologi (Sp.U) untuk tatalaksana keluhan kencing kencing anda. Anda  mungkin perlu menjalani pemeriksaan urinalisa untuk melihat adakan peningkatan leukosit tanda adanya infeksi bakteri saluran kemih, ada temuan kristal batu, ataupun usg urologi untuk menemukan lokasi batu dan tanda pembesaran prostat

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Penyebab Susah Buang Air Kecil: Dari Penyakit Hingga Obat-obatan

Susah buang air kecil tak hanya meliputi sulit memulai pengeluaran urine, tapi juga kesulitan dalam mempertahankan aliran urine. Gangguan ini biasa dialami kelompok lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada pria dan wanita dari semua usia. Contohnya sebagai gejala dari berbagai kondisi medis.