Gejala penderita alergi

DA Info Penanya: DA, Wanita, 35 Tahun
Halo Dokter,Bagaimana solusi untuk mengetahui ciri-ciri alregi yang saya alami? Saya memiliki riwayat alergi tetapi sampai saat ini saya belum tau pasti tentang apa karena untuk periksa membutuhkan biaya cukup mahal.Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DA,

Alergi adalah suatu reaksi berlebihan (Hipersensitivitas) dari sistem pertahanan tubuh untuk melawan zat – zat asing (Alergan) yang masuk ke dalam tubuh.

Reaksi Alergi sifatnya individual, artinya suatu zat dapat saja tidak menimbulkan gangguan kepada seseorang, namun zat tersebut  dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang lain. Contohnya Kebanyakan orang akan menikmati makan udang, namun ada beberapa orang yang tidak tahan makan udang, gejalanya dapat berupa mual, muntah dan kemerahan diseluruh tubuh.

Orang yang tidak tahan terhadap udang ini disebut tubuhnya memberikan reaksi hipersensitivitas terhadap zat yang terkandung dalam udang atau orang tsb alergi terhadap udang.

Untuk mengetahui seseorang memiliki reaksi alergi terhadap suatu zat, maka hanya dapat diketahui bila ada kontak atau paparan dengan zat tsb. Patokan sederhana adalah bila orang tua memiliki riwayat alergi, kemungkinan besar akan diturunkan kepada anaknya.

Jadi sebenarnya Ibu dapat mengetahui sendiri tanpa dilakukan tes, bila memang Ibu alergi terhadap suatu Alergan tertentu. Karena Ibu lebih mengetahui kondisi tubuh Ibu, melebihi Dokter manapun.

Janis pemeriksaan laboratoium  untuk memastikan seseorang memiliki Alergi adalah :

  1. Pemeriksaan Tes tusuk kulit / Skin Test / Puncture Testing yaitu dengan meletakan alergan yang berasal dari bahan alami di atas permukaan kulit.
  2. Tes Kulit / Intracutaneus Test
  3. Tes Tempel / Patch Test, yaitu dengan meletakkan alergan yang berasal dari zat kimia pada plester dan ditempelkan ke kulit punggung.
  4. RAST = Radioallergosorbent Test, dilakukan dengan mengkukur kadar IgE spesifik dalam darah.

Yang terpenting adalah menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit dengan menerapkan pola hidup sehat dan gizi seimbang, sehingga tubuh akan tahan terhadap setiap alergan yang terpapar.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi dari antibiotik dapat menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat yang paling sering menimbulkan reaksi alergi. Reaksinya bisa ringan hingga berat, salah satu reaksi alergi antibiotic yang berat adalah Stevens-Johnson Syndrome yang menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas.