Gejala patah tulang

MH Info Penanya: MH, Wanita, 33 Tahun
Selamat malam, dok..Ibu saya sakit stroke. Beliau hanya tiduran saja tanpa bisa duduk dan bergerak bebas. Sminggu lalu saya mendengar suara spt tulang patah, ternyata tangan ibu saya dlm posisi tertimpa badannya yg lagi tiduran, beliau kesakitan. Besoknya tangannya bengkak. Kami mengurutkannya, tentu saja org yg biasa mengurut. setelah diurut besoknya tidak bengkak lagi, tapi sehari stlhnya kembali bengkak. Yg anehnya yg bengkak hnya sebagian, sbagian malah mengecil. Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keadaannya yang ibu Anda alami ini dinamakan patah tulang. Ada beberapa faktor risiko patah tulang yaitu seperti usia, asupan gizi, dan aktivitas harian.

Gejala dari patah tulang adalah:
  • Pembengkakan di atas tulang yang cedera
  • Deformitas lengan atau kaki
  • Nyeri di area yang cedera
  • Ketidakmampuan menahan beban pada area tubuh yang cedera
  • Fungsi di area yang cedera hilang
  • Tulang menonjol dari kulit pada fraktur yang terbuka

Untuk mengobati patah tulang itu sendiri, harus diketahui dahulu seberapa parah patah tulang yang terjadi, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan rontgen, CT scan, atau MRI pada daerah tulang yang patah. Jadi, disarankan jangan diurut karena tukang urutnya tidak tahu seberapa parah patah tulangnya. Yang ditakutkan terjadi jika salah mengurut adalah peredaran darah di area yang patah tidak akan lancar sehingga menyebabkan area tersebut memucat atau membiru, bengkak, atrofi otot (otot-otot mengecil), dan kondisi yang berat adalah kompartemen sindrom. Untuk itu, disarankan Anda membawa ibu Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang agar dapat pengobatan dengan tepat dan benar.  

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang leher menyokong kepala

Kecil tetapi Esensial, Kenali Fungsi Tulang Leher

Tulang leher tidak hanya sekedar penopang kepala dan leher saja. Fungsi tulang leher juga berperan dalam pergerakan kepala serta menjadi pelindung saraf dan pembuluh darah di leher.