Bagaimana penanganan kutu air?

IP Info Penanya: IP, Pria, 19 Tahun
Muncul seperti kuman air di tangan tapi tidak gatal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keadaan yang Anda maskud mungkin merupakan gejala kutu air. Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang biasanya muncul di wajah, kulit kepala, badan, tangan, dan kaki. Kutu air di tangan biasanya disebabkan karena infeksi jamur. Infeksi jamur ini berasal dari kulit orang lain yang terinfeksi, menggunakan kamar mandi umum, keringat berlebihan, memegang hewan peliharaan atau ternak, dan menyentuh tanah tanpa sarung tangan. 

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

  • Bawang putih
  • Baking soda
  • Garam laut
  • Bedak tabur bayi
  • Tea tree oil
  • Alkohol
  • Minyak nimba

Atau Anda juga bisa menggunakan obat oles dari dokter kulit setelah Anda melakukan pemeriksaan. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pencegehan agar tidak terinfeksi kembali dengan cara rutin membersihkan tangan dengan sabun, menggunakan sarung tangan jika berkontak dengan tanah, menghindari kontak dari kulit ke kulit dengan orang yang terinfeksi, dan jangan menggaruk bagian yang terinfeksi agar tidak terjadi penyebaran ke bagian tubuh yang lain.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

6 Khasiat Vitamin E untuk Kulit Ini Dibutuhkan Pria Maupun Wanita

Khasiat vitamin E untuk kulit antara lain meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Vitamin E juga dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Apa saja manfaat vitamin E untuk kulit itu?