Gejala kembung, diare dan tidak nafsu makan akibat apa ?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 16 Tahun
Perut kembung,diare,mual, hilang nafsu makan,sakit perut di bagian bawah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RR

Terimakasih untuk pertanyaannya.

Gejala kembung, diare, mual, tidak nafsu makan dan nyeri perut bawah. Hmm.. deskripsinya kurang detail nih, tapi saya coba jawab ya.

Berapa kali anda diare 1 harinya? Apakah BAB lembek tidak sampai 4x sehari dan masih ada ampasnya? Ingat tidak makanan terakhir anda sebelum diare? Karena semua gejala anda berhubungan. Awalnya masuk suatu zat (kemungkinan makanan) yang mengiritasi pencernaan anda. Sehingga lambung anda mengeluarkan asam lebih banyak sehingga timbul gas. Akibatnya anda merasa kembung dan mual, alhasil nafsu makan juga berkurang. Kemudian akibat asam yang banyak, BAB juga menjadi lembek dan disertai mules agar zat yang tidak cocok dengan perut anda segera keluar.

Solusinya minum obat diare yang dijual bebas, banyak minum cairan kalau perlu yang mengandung elektrolit agar anda tidak lemas. Kemudian makan sedikit-sedikit tapi sering dan tidak boleh berbumbu. Bila sakit berlanjut hubungi dokter. Semoga penjelasan saya membantu.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.