Terlambat haid disertai berbagai gejala, tetapi test pack negatif, apakah test terlalu dini ?

M Info Penanya: M
Selamat pagi dok,1 th yg lalu sya mengalami keguguran tanpa kuret. Lalu menjalani kb alami. Bln lalu saya haid tgl 1 april. Tgl 22 april sya dan pasangan melakukan hubungan tanpa kb alami. Skrang tgl 11 mei sya blum haid. Jk dihitung dr tgl haid saya tlat 10hr. Sya tespk negtif. Tp sya mnglami sakit kepala nyeri perut, Mual, sring laper sring kencing sring haus. Apa tespek yg saya lakukan terlalu dini atau ada masalah lain ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terlambat haid merupakan ciri yang tidak mutlak dari kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya banyak faktor lain yang dapat mengakibatkan gangguan haid. Faktor- faktor lain tersebut memicu ketidakseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi pada tubuh wanita sehingga berdampak pada gangguan haid. 

Adapun faktor-faktor yang dapat memicu keterlambatan haid tersebut diantaranya adalah :

  • konsumsi obat tertentu seperti obat kontrasepsi hormonal dan lainnya
  • kelelahan
  • stres
  • status gizi yang terlampau kurus ataupun gemuk
  • kondisi medis tertentu, seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti kista, PCOS dan lain-lainnya

Mengenai pertanyaan Anda tentang test pack, keadaan pemeriksaan yang terlalu dini memnag dapat memberikan hasil negatif palsu, sehingga ada baiknya Anda untuk melakukan test pack ulang seminggu kedepan. Hal ini berhubungan dengan keadaan hormon kehamilan yang mungkin belum meningkat dengan signifikan. Akan tetapi jika hasil test pack berselang satu minggu tersebut hasilnya masih negatif, maka mungkin penyebab dari keadaan yang Anda alami adalah salah satu faktor yang telah dipaparkan diatas. Karena keluhan sakit kepala, nyeri perut, mual, sering lapar haus dan BAK pun tidak selalu merupakan tanda kehamilan dan dapat terjadi karena gangguan haid atau kondisi medis lainnya.

Untuk memastikannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG.

Untuk sementara Anda dapat melakukan olah raga yoga ringan, hindari makanan mentah, cepat saji dan tinggi pengawet, minum air putih lebih banyak dan istirahat yang cukup.

Jika haid tidak kunjung datang melebihi satu bulan disertai gejala lain yang memberat, periksakanlah diri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.