19 Sep 2021, 19:09Penyakit Lainnya

Gejala inkontinensia urin pada lansia

SL
Info Penanya: SL0
Dok, saya mau nanya, ibu saya sudah lanjut usia dan memiliki kesulitan untuk menahan kencing. Apakah ini termasuk salah satu gejala inkontinensia urin pada lansia? Lalu, apa penyebab dan cara mengatasi inkontinensia urin pada lansia?
73 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore SLTerima kasih atas pertanyaan AndaInkontinensia urin adalah keadaan saat seseorang tidak mampu menahan keinginan untuk buang air kecil (BAK), atau sering juga disebut dengan istilah mengompol. Keluhan ini sering kalo terjadi pada usia lanjut (lansia) terutama wanita.

Berdasarkan penyebabnya inkontinensia urin ini dibedakan menjadi beberapa kondisi, seperti:

  • Ketidakmampuan dalam menunda BAK
  • BAK secara tiba-tiba, biasanya dalam jumlah urin yang cenderung lebih sedikit
  • Sama sekali tidak bisa menahan BAK
  • BAK secara tiba-tiba saat sedang dalam kondisi tertekan atau stres
Beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya inkontinensia urin adalah lansia dengan jenis kelamin wanita, adanya riwayat operasi pengangkatan rahim, efek konsumsi obat tertentu, hingga penerapan gaya hidup yang tidak sehat. Adapun cara untuk mengatasi dari inkontinensia urin pada lansia ini berbeda-beda tergantung dari faktor dan penyebabnya.Tindakan sementara yang bisa dilakukan adalah dengan mejadwalkan secara rutin waktu BAK, melakukan senam kegel untuk menguatkan otot - otot dasar panggul, dan hindari konsumsi minuman berkafein. Selain itu, pastikan juga Anda menerapkan gaya hidup sehat dengan hindari merokok, konsumsi buah dan sayur, makan makanan bergizi, minum air putih cukup dan melakukan olahraga ringan secara rutin dan terjadwal. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis urologi bila keluhan ini belum membaik. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
lansiaurineinkontinensia urine
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil