11 Feb 2021, 17:54Pernapasan

Apa yang menyebabkan tenggorokan mengganjal dan sesak nafas ?

AK
Info Penanya: AK0
Dok, saya merasa berat nafas di bagian dada kiri, batuk-batuk tidak berdahak, di tenggorokan seperti ada dahak yang ingin keluar namun setiap dikeluarkan hanya air liur biasa. Saya tidak demam. Umur saya 18 tahun, kira- kira saya sakit apaya dok? Apakah perlu rontgen? Terkadang ada ingus yang meler dari hidung
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Saat tenggorokan terasa ada yang mengganjal baik karena dahak saat seseorang batuk, maupun sumbatan saluran nafas lainnya, menimbulkan rasa yang tidak nyaman, nafas menjadi susah, dan nafsu makan menurun. Rasa mengganjal di tenggorokan harus diatasi dengan segera melalui pemeriksaan di dokter terlebih dahulu.

Apa yang menyebabkan tenggorokan mengganjal dan sesak nafas ?

Penyebab tenggorokan mengganjal dan sesak nafas yang Anda alami antara lain :
  • Produksi dahak yang berlebih saat infeksi saluran pernafasan akibat virus atau bakteri.
  • Pembengkan amandel dimana menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal.
Produki dahak yang berlebih saat batuk menyebabkan aliran udara baik ketika masuk ke tubuh atau saat akan dikeluarkan dai tubuh menjadi terganggu sehingga dada terasa sesak. Selain itu, dada terasa sesak dan tenggorokan mengganjal dapat disebabkan oleh asam lambung yang meningkat mengiritasi esofagus. Hal ini dapat dipicu oleh makanan terlalu asam, terlalu pedas, soda, alkohol, serta stress.Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik ke dokter spesialis paru jika keluhan bertambah berat. Dokter spesialis paru akan melakukan pemeirksaan secara mendalam baik dahak maupun rongten jika diperlukan. Tingkatkan imun tubuh, dan jalankan hidup sehat mulai dari sekarang.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasansesak napasbatuk kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil