Apa gejala bila ada penyakit di rahim?

LD Info Penanya: LD, Wanita, 1 Tahun
dok saya mau tanya apa gejala yang timbul bila didalam rahim sedang ada penyakit atau infeksi di dalam rahim. Apakah rahim yang berisi penyakit akan mens rutin dan lancar setiap bulannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LD,

Rahim adalah salah organ reproduksi yang sangat penting bagi seorang wanita, selain indung telur (ovarium), dan tuba falopi. Gangguan pada rahim atau organ reproduksi lainnya akan menyebabkan gangguan haid dan menjadi lebih susah memiliki anak.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa terjadi pada rahim :

  1. Fibroid rahim/ mioma uteri. Kelainan ini akan menimbulkan keluhan berupa haid dengan darah yang keluar sangat banyak, nyeri haid yang sangat sakit, sembelit, frekuensi buang air kecil meningkat, nyeri ketika berhubungan intim, dan sakit punggung bagian bawah.
  2. Polip rahim. Kelainan dengan keluhan nyeri ketika haid, muncul perdarahan diluar siklus haid.
  3. Kanker rahim. Selain tanda-tanda gangguan haid, bila kanker sudah sangat besar maka akan disertai dengan keluhan tidak napsu makan, dan berat badan akan menurun.

Bila ada gangguan haid seperti siklus haid yang tidak teratur baik tanggalnya maju atau mundur, perdarahan yang keluar banyak, nyeri perut bawah yang tidak membaik dengan pemberian paracetamol, atau muncul perdarahan diluar siklus haid, maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG atau pap smear untuk deteksi dini adanya gangguan pada organ reproduksi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi rahim atau endometritis dapat berpengaruh pada kemampuan seorang perempuan untuk dapat hamil atau mempertahankan kehamilannya

Jika Dibiarkan, Infeksi Rahim Bisa Berpengaruh pada Kesuburan

Infeksi rahim atau endometritis dapat memengaruhi kesuburan. Infeksi rahim tidak mengancam nyawa, namun harus segera diobati umumnya dengan antibiotik.