Gejala Hipertensi dan Tips Pencegahannya

AF Info Penanya: AF, Wanita, 27 Tahun
Dokter , saya ingin bertanya. Suami saya usia 32 tahun. Sudah sekitar 3 bulan ini tekanan darahnya tinggi. Disekitar 130 - 170 . Untuk per nya (DIA) itu selalu diatas 100. Paling tinggi 115. Apakah suami saya sudah bisa di vonis sbg org yang menderita hipertensi dan harus minum obat seumur hidup? (Setau saya orang yang hipertensi harus minum obat seumur hidup. Dan info tambahannya dia memang ada bakat turunan hipertensi dari mamahnya. Lalu apa yang harus saya lakukan dok, agar dia terhindar dari hipertensi. Saya takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi per nya (DIA) selalu diatas 100. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AF

Aspek paling berbahaya dari hipertensi adalah ketika kita tidak mengetahuinya. Satu-satunya cara adalah dengan rajin melakukan checkup. Terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat darah tinggi. Gejala baru akan timbul ketika tensi sudah sangat tinggi, misalnya :

- sakit kepala berat

- lemas atau bingung

- gangguan penglihatan

- nyeri dada

- sesak nafas

- gangguan irama jantung

- darah di kencing

- rasa seperti dipukul di dada, leher atau telinga

Bila sudah ada gejala tersebut harus segera ke IGD RS terdekat. Karena hipertensi yang tidak ditangani dapat menjadi stroke, serangan jantung, gagal ginjal dan gangguan penglihatan.

Beberapa Tips Mencegah Darah Tinggi- makanan sehat (banyak buah, sayuran, kurangi produk susu sapi dan makanan berlemak)- kurangi asupan garam- berhenti merokok- olahraga teratur (jalan 30 menit per hari, beberapa hari tiap minggu)- menurunkan berat badan- kurangi alkohol Semoga saran saya bermanfaat Salam Sehat, dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipertensi tak hanya memengaruhi pembuluh arteri di jantung, tetapi juga pembuluh arteri di otak

Bagaimana Kaitan Antara Hipertensi dan Stroke?

Hipertensi dan stroke adalah dua penyakit yang saling berhubungan satu sama lainnya. Hipertensi membuat pembuluh darah mudah tertutup oleh plak. Pembuluh arteri di otak yang terhalang oleh plak-plak dapat menyebabkan berkurangnya asupan oksigen ke otak. Inilah yang disebut dengan stroke.