Gejala hidung bersin dan mata gatal, saat ini sedang menyusui

H Info Penanya: H, Wanita, 29 Tahun
Hallo Dok, saya ingin bertanya. Selain cetirizine obat apa ya yang cocok untuk mengobati alergi dingin dengan gejala hidung dan mata gatal, lalu berair dan bersin terus menerus. Saya sedang menyusui. Lalu, apakah aman mengkonsumsi cetirizine 1x sehari bagi saya jika alergi sedang kambuh. Terima kasih Dok, ditunggu jawabannya. ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, HND

Anda mengalami gejala rhinitis allergi yaitu peradangan hidung yang disebabkan oleh alergi. Alergi biasanya akibat udara dingin, debu, bulu binatang, serbuk bunga, dan makanan/minuman tertentu. Apakah anda sedang memberikan ASI eksklusif? Sebetulnya cetirizine termasuk obat yang cukup aman untuk ibu menyusui, hanya sedikit yang mengalir melalui ASI. Namun kadang dapat menyebabkan aliran ASI berkurang. Ada golongan obat alergi lain tapi memberikan efek mengantuk yang lebih besar dibandingkan yang anda konsumsi. Biasanya bayi anda akan tampak mengantuk.

Sementara hindari penyebab-penyebab alergi yang saya sebutkan diatas. Ditambah mengurangi produk susu sapi, kacang-kacangan dan coklat yang juga berpotensi memberi reaksi alergi. Anda juga dapat menggunakan terapi di rumah seperti banyak minum air hangat, menghirup uap dari air hangatnya, menggunakan inhaler atau obat semprot hidung yang bersifat lokal agar tidak masuk ASI. Semua obat selama menyusui lebih baik dikonsulkan dahulu dengan Dokter untuk memastikan terapi yang sesuai dari keamanan dan khasiatnya. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung terasa gatal dan bersin terus-menerus saat di kantor merupakan gejala Anda mengalami rhinitis alergi

Pekerjaan Anda Memicu Alergi? Ketahui Cara Mengatasi Alergi dengan Tepat

Ada kalanya seseorang mau tidak mau harus bekerja di lingkungan yang rentan menimbulkan alergi. Jika ini yang terjadi, pastikan tahu cara mengatasi alergi dengan tepat.