Gejala hepatitis B

E Info Penanya: E, Wanita, 20 Tahun
Siang Dokter,Saat melakukan medical checkup 3 tahun lalu, saya diduga menderita hepatitis B. Tapi sampai sekarang tidak terlihat gejalanya, apa mungkin saya sudah sembuh? Tolong penjelasannya ya Dokter, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu E,

Diagnosis hepatitis B dilakukan melalui pemeriksaan darah. Yang perlu diperhatikan adalah pendeteksian HBsAg (hepatitis B surface antigen). Selain tentunya gejala klinis dan keluhan yang Ibu alami.

Mungkin yang Ibu maksudkan adalah pemeriksaan HbsAg atau Hepatitis B Surface Antigen yang merupakan salah satu pemeriksaan yang biasanya dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat infeksi hepatitis B akut dan kronik. Hasil pemeriksaan HbsAg meningkat merupakan pertanda adanya infeksi Hepatitis B yang berlangsung dalam tubuh, sedangkan kadar HbsAg akan menurun bila telah terjadi penyembuhan.

Sebagian besar penderita hepatitis B yaitu sekitar 70% adalah tanpa gejala, artinya tidak ada keluhan kuning, demam dan keluhan lainnya untuk sakit hepatitis. Hal  ini bukan berarti boleh diabaikan begitu saja. Malah sebaiknya lebih diperhatikan karena sebagian besar akan berlanjut menjadi sirosis hepatis dan kanker hati yang ditandai dengan mengecilnya ukuran organ hati. Waktu yang diperlukan sampai pasien menderita kanker hati atau sirosis adalah 10 sampai 20 tahun kemudians etelah infeksi hepatitis B terjadi.

Saran kami sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) yang khusus menangani masalah penyakit hati untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penularan hepatitis B dapat melalui darah, mani atau cairan tubuh lainnya

Waspada! Penularan Hepatitis B Bisa Terjadi Melalui Hal-hal Ini

Penularan hepatitis B perlu diwaspadai. Penularan hepatitis B dapat melalui darah, air mani atau cairan tubuh yang lain. Virus ini sangat cepat menular, bahkan tingkat penularannya lebih tinggi dibandingkan dengan HIV.