Gejala hantavirus sama dengan corona, benarkah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, bagaimana sih cirinya hantavirus yang sedang ramai dibicarakan di China itu? Apa menular dari manusia ke manusia seperti corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hantavirus adalah salah satu jenis virus yang berasal dari hewan pengerat seperti tikus dan menimbulkan penyakit pada manusa. Penyakit yang ditimbulkan bernama Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). HPS sama dengan COVID-19 yaitu sama-sama menyerang sistem pernapasan. 

Hantavirus bukan merupakan penyakit yang baru. Penyakit ini sudah ada sejak dulu kala. Penularan hantavirus ke manusia adalah lewat paparan urine, tinja, saliva atau darah dari tikus. Bisa juga lewat menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh kotoran tikus atau menyentuh urine tikus. Tetapi, penularan hantavirus antarmanusia sangat jarang. Jadi, tidak secepat penularan virus corona

Jika seseorang terinfeksi hantavirus, maka akan timbul gejala:

  • Demam.
  • Pusing.
  • Nyeri otot.
  • Muntah.
  • Diare.
  • Gangguan pernapasan: batuk berdahak, sesak napas, tekanan darah rendah, gangguan jantung, dan menumpuknya cairan pada paru-paru. 

Untuk itu, Anda bisa melakukan pencegahan agar tidak terkena hantavirus dengan cara rajin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar Anda agar tidak mengundang tikus untuk masuk ke dalam rumah Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik putih pada mata tak selalu katarak namun bisa juga luka pada kornea mata

Ini Cara Membedakan Luka pada Kornea Mata dan Katarak

Meski keduanya muncul bintik putih, luka pada kornea mata berbeda dengan katarak. Luka pada kornea berada di ulkus kornea, sedangkan katarak di lensa mata.