Mual dan pusing, apakah gejala hamil?

A Info Penanya: A
dok, waktu itu saya bercinta dengan perempuan, setelah bercinta dia halangan dok, dan 2/3 minggu setelah halangan dia merasa mual dan pusing, apakah itu bertanda hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.
Terima kasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Kehamilan adalah hal yang dimulai saat bertemunya sel sperma pria dengan sel telur wanita, yang kemudian menempel di dinding rahim dan menjadi janin. Tanda-tanda kehamilan biasanya disebabkan karena hormon yang berubah. 

Berikut tanda-tanda kehamilan yang biasanya terjadi:

  • Perut terasa kembung atau penuh
  • Nafsu makan berkurang atau bertambah
  • Mual dan muntah
  • Nyeri kepala
  • Mood atau suasana hati yang berubah-ubah
  • Keinginan makan makanan tertentu (ngidam)

Namun, tanda-tanda tersebut tidak hanya dimiliki oleh wanita yang sedang hamil. Wanita yang mengalami pre-menstrual syndrome atau PMS juga terkadang mengalami gejala tersebut, karena perubahan hormon juga terjadi pada saat kondisi tersebut.

Jika Anda melakukan hubungan tanpa pengaman, dan pasangan tidak menggunakan alat kontrasepsi, kemungkinan untuk hamil akan selalu ada. Untuk menentukan kehamilan, tidak bisa hanya dengan gejala tadi. Anda dapat memastikan dengan meminta pasangan Anda untuk melakukan testpack atau USG apabila sudah terlambat haid. 

Jika pasangan Anda benar hamil, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makan dan minum ya. Konsumsi makanan yang bergizi, mengandung vitamin dan mineral. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Silakan Anda berkonsultasi bersama pasangan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk informasi yang lebih jelas.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Sylvia V

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.