gejala dan penyebab benjolan leher

A Info Penanya: A, Pria, 22 Tahun
Pas di bawah rahang, antara dagu dan leher saya ada benjolan yang didiagnosa dokter bedah saat saya konsultasi bulan mei lalu sebagai sejenis kista dan disarankan untuk diangkat lewat operasi utk diteliti lg apakah hanya kista biasa atau tbc. karena saat itu saya blm memiliki uang yg cukup, saya menunda dulu utk operasi. dan yang membingungkan benjolan itu mulai mengecil dari pertengahan bln juni ini, yg dulunya terus membesar perlahan lahan skrg entah sebabnya apa malah mulai mengecil tapi tetap masih ada. Saya bingung, apakah benjolan ini bisa hilang dgn sendirinya? apakah ini tidak perlu operasi? bila melihat prkembangannya yg mulai mengecil. Apa ini benar kista? Saya bingung dgn benjolan ini. Apa penyebabnya? Sampai sekarang saya bingung knp bisa muncul dgn sendirinya. Tolong pencerahannya dok. Terima Kasih Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak A,

Pada daerah sekitar leher, terdapat banyak kelenjar yang dikenal dengan nama Kelenjar Getah Bening (KGB). Kelenjar Getah Bening adalah bagian dari sistem pertahan tubuh manusia, dan umumnya berlokasi di derah lipatan paha, ketiak, leher dan sepanjang telinga ke arah  rahang bawah.

KGB dapat membesar atau membengkak dan teraba seperti benjolan yang mengeras dan terasa sakit apabila adanya trauma, infeksi dan tumor. Pembesaran KGB disekitar leher kemungkinan disebabkan karena adanya infeksi akut di daerah sekitar kepala, telinga, dan leher seperti radang tenggorokan, infeksi gigi dan gusi, abses, jerawat, infeksi telinga, gondongan dll. Dan Infeksi kronis seperti TBC dan keganasan (kanker).

Selain karena infeksi, pemesaran KGB dapat juga disebabkan karena gigitan serangga dan tercabutnya folikel rambut yang menyebabkan bisul.

Umumnya bila infeksi telah sembuh maka dengan sendirinya KGB akan kembali ke ukuran semula dan tidak teraba.

Sesuai informasi yang Bapak sampaikan, bila saat ini benjolan telah mengecil maka kemungkinan itu adalah KGB yang mengecil karena  infeksi telah sembuh.

Kunjungi Dokter Spesialis Bedah untuk konsultasi lebih lanjut, hanya bila diperlukan saja.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kista ovarium adalah penyakit organ reproduksi yang dapat menimbulkan nyeri dan perdarahan

Kenali Penyebab dan Gejala Kista Ovarium Berikut Ini Sebelum Terlambat

Kista ovarium terjadi akibat terbentuknya kantung yang berisi cairan di ovarium atau indung telur. Penderita kista ovarium biasanya merasakan gejala berupa nyeri di area perut, perut terasa kembung, dan nyeri di bawah punggung.