Apakah ini gejala Covid-19?

RE Info Penanya: RE, Pria, 15 Tahun
Halo dok.Nama saya restu Erlangga. Saya mengalami tenggorokan gatal tapi tidak menyebabkan batuk, terus bersin-bersin. Apakah itu termasuk gejala Covid-19?Sekedar info saya tidak pernah bepergian keluar kota.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RE,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Virus Corona atau COVID-19 merupakan virus yang menyeraang sistem pernapasan. Gejala infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala bisa memberat. Pasien bisa mengalam demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala tersebut muncul ketika tubuh melawan virus Corona.

Untuk keluhan yang Anda alami kemungkinan bukan gejala COVID-19, keluhan yang Anda alami bisa menjadi salah satu gejala rhinitis alergi, peradangan yang terjadi di lapisan mukosa hidung. sehingga menyebabkan tenggorokan gatal dan bersin-bersin.

Untuk sekarang sebaiknya tetap ikuti saran pemerintah untuk mengisolasi diri dirumah, jangan keluar rumah jika tidak terpaksa, dan jika memang diharuskan keluar rumah sebaiknya menggunakan masker jika di keramaian, tetap menjaga jarak dengan orang lain, selalu menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang tidak parah bisa menggunakan madu, air lemon, hingga soda kue

Pakai Madu Hingga Minyak Kelapa, Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Sakit tenggorokan, yang kerap muncul saat demam, pilek, atau flu, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Pada sakit yang tidak parah, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan, dengan bahan alami di rumah. Beberapa bahan alami tersebut antara lain madu, air lemon, dan minyak kelapa.