12 Aug 2020, 18:24Pernapasan

Apa saja gejala corona?

A
Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya mau tanya,saya ibu hamil 36week ,kemarin jadwal rapid test dan hasilnya saya reaktif. Tapi saya tidak ada gejala sama sekali .dan semalam perut saya bagian lambung sakit seperti sakit magh ,aku coba minum obat antasida yg diberi bu bidan .setelah itu kok dada saya sakit seperti ada yg mengganjal ,buat nafas berat ,seperti tertekan sampai ke punggung sakitnya, perut terasa penuh Tangan saya juga linu .apakah itu tanda gejala corona?
6729 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, A.Corona adalah sebuah golongan virus yang sebenarnya sudah ada sedari dulu. Tahun 2019 kemarin, ditemukan satu jenis virus terbaru bernama SARS-CoV-2. Virus tersebut menyebabkan penyakit bernama COVID-19, yang sedang menjadi pandemi di berbagai negara dunia saat ini.

Gejala Corona 

Gejala COVID-19 akan bermanifestasi berbeda pada masing-masing orang. Mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang baik akan memiliki gejala ringan, bahkan tanpa gejala. Tetapi, mereka yang memiliki penyakit bawaan atau kekebalan tubuh yang rendah akan mengalami gejala berat, bahkan sampai gagal napas.Pada umumnya, gejala COVID-19 adalah sebagai berikut:
  • Demam di atas 38 derajat celcius
  • Batuk, biasanya kering
  • Sesak napas
  • Nyeri tenggorokan
Terkait kondisi yang Anda sampaikan, dada terasa berat saat bernapas, yang disertai perut penuh dan tangan yang linu bisa juga merupakan gejala COVID-19, apalagi hasil rapid test Anda reaktif. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi kepada dokter di fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat dijadwalkan untuk tes RT-PCR konfirmasi.Selain COVID-19, gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti kekurangan zat gizi tertentu, GERD, maupun karena penekanan organ-organ lain karena ukuran rahim yang semakin besar. Anda juga bisa memastikan hal ini dengan pemeriksaan langsung, ya.Lalu, tetap lakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan rutin olahraga agar kekebalan tubuh senantiasa kuat. Selalu gunakan masker, lakukan physical distancing, dan rutin cuci tangan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilgerdcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil