Batuk kering tanpa demam, apakah gejala corona?

YS Info Penanya: YS, Wanita, 1 Tahun
Selamat siang dok anak saya mengalami batuk kering 2 minggu dan akhir" ini ada sedikit sesak nafas tpi tidak ada demam pada anak saya sudah di periksakan ke dokter tpi suruh nunggu obatnya hbs nanti kontrol lagi apakah itu bisa di sebut gejala corona dok?? Saya takut soalnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YS

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Corona merupakan sebuah virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus jenis baru yang menjadi wabah saat ini dikenal dengan istilah COVID-19.  Gejala yang timbul pada penyakit berbeda-beda tegantung dari usia dan penyakit bawaan dari masing-masing individu. Hal ini juga berpengaruh terhadap komplikasi yang akan terjadi.

Adapun gejala awal pada covid-19 adalah sebagai berikut:

  • Demam tinggi (biasanya suhu diatas 38 derajat celcius)
  • Batuk
  • Sesak napas

Terkait dengan pertanyaan Anda, batuk kering tanpa demam yang dirasakan sudah 2 minggu bisa disbebabkan oleh beberapa hal sperti karena alergi misalnya. Jika Anda sudah memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak dan sudah diberikan terapi. Pastikan anak mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan aturannya. obat sudah habis dan keluhan dirasa tidak membaik segera periksakan kembali ke dokter spesialis anak tersebut untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi saat ini serta dilakukan evaluasi terapi.

Pastikan anak tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, jaga kebersihan lingkungan sekitar, mencuci tangan dengan sabun, lakukan social distancing, dan hindari bepergian jika dirasa tidak perlu.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberian vaksin akan membantu anak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tetap Provaksin di Tengah Munculnya Kelompok Antivaksin, Ini Alasannya

Perdebatan mengenai pemberian vaksin telah berlangsung sejak dulu hingga menghasilkan kubu antivaksin dan provaksin. Namun, banyak pendapat kelompok antivaksin yang sebenarnya justru dapat membahayakan kesehatan anak.