Bagaimana gejala batuk pada corona?

DR Info Penanya: DR, Pria, 22 Tahun
gejala corona batuk kering atau batuk berdahak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, DR.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit Corona atau COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini menyerang sistem pernapasan pada manusia. Corona dapat ditularkan dari individu satu dengan yang lain melalui droplet atau percikan carian tubuh pada saat pasien/penderita bersin atau batuk. 

Gejala dari awal dari corona adalah:

  • Demam tinggi (suhu di atas 38 derajat Celcius)
  • Batuk, umumnya gejala batuk pada penyakit corona bersifat batuk kering walaupun tidak memungkiri bisa juga terjadi batuk berdahak bila terjadi infeksi sekunder. 
  • Sesak napas

Gejala lain dan komplikasi yang dapat terjadi tergantung dari usia dan juga penyakit bawaan dari masing-masing individu.

Pada gejala yang dirasakan semakin parah, seperti napas semakin sesak, nyeri pada dada serta terasa berat, bibir dan kuku membiru, sebaiknya segera mengubungi 119 ext 9 untuk mengetahui apakah perlu memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan atau tidak. 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah tertularnya virus corona adalah dengan cara mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun (jika tidak ada, Anda bisa menggunakan cairan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70%), menggunakan masker, melakukan social distancing, tetap berada di lingkungan rumah (idak bepergian jika dirasa tidak perlu), menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk berdahak dapat diatasi dengan obat batuk berdahak yang dijual bebas tanpa resep dokter

3 Jenis Obat Batuk Berdahak yang Beredar Bebas dan Efek Sampingnya

Obat batuk berdahak bisa dibeli di apotik atau toko obat tanpa resep dokter. Pastikan Anda memilih obat sesuai keluhan dan ketahui saat Anda harus ke dokter.