Orang dikatakan positif corona ketika apa?

TP Info Penanya: TP
Saya ingin bertanya, banyak pasien Corona yang merasa tidak mengalami demam tetapi ketika di tes hasilnya positif, lalu, apa yang menunjukkan secara spesifik kalau itu adalah Corona? apakah gatal pada tenggorokan ketika bernafas merupakan salah satu gejala Corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TP.

Virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan, dan memberikan gejala seperti batuk, sesak napas, nyeri atau tidak nyaman di tenggorokan, dan bisa disertai pilek ataupun demam. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona disebut COVID-19. Penyakit ini telah menjadi pandemi internasional menurut WHO, dan sudah menyerang ratusan orang di Indonesia.

Jika dilihat dari gejala, maka COVID-19 akan susah dibedakan dengan penyakit lain, seperti pneumonia bakteri, tuberculosis, atau infeksi saluran pernapasan atas biasa.

Pada awalnya, satu pertanyaan yang cukup kuat untuk membedakan adalah 'apakah ada kontak dengan penderita, atau pernah pergi ke wilayah tertentu'. Namun, perlu dipikirkan juga, terkadang seseorang tidak memiliki gejala dan menjadi carrier COVID-19. Orang yang melakukan kontak juga tidak menyadari, kemudian terjangkit.

Sehingga pada akhirnya, saat ini, pemerintah Indonesia memutuskan menggunakan rapid test IgG/IgM untuk mendeteksi COVID-19 dengan lebih spesifik. Apabila didapatkan hasil positif, akan dilakukan test PCR untuk konfirmasi. Tes ini dapat dilakukan kepada siapa saja, baik yang memiliki gejala ataupun tidak.

Jangan lupa untuk selalu mencegah COVID-19 dengan mencuci tangan secara rutin ya. Konsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup, rutin berolahraga dan menghindari stres. Lakukan social distancing dan keluar rumah hanya jika perlu. Silakan melapor kepada rumah sakit rujukan apabila memiliki gejala.

Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa tertular virus hepatitis A, apabila mengonsumsi buah dengan kandungan air yang terinfeksi virus tersebut.

Ini Cara Penularan Hepatitis A, Pernah Terbayang Sebelumnya?

Virus hepatitis A menular pada saat orang yang belum terinfeksi dan belum tervaksinasi, menelan makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh feses penderita penyakit tersebut.