gejala batuk mual muntah kepala pusing suka menggigil dan sesak nafas apakah termasuk TBC

KI Info Penanya: KI, Wanita, 2019 Tahun
dokter saya mau bertanya ayah saya berusia 47 tahun, dia seorang penambang emas tradisional punya gejala batuk, mual hingga muntah, kepala pusing, suka menggigil terkahir ada sesak nafas apakah dia termasuk pasien TBC?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore KI

Keluhan batuk disertai suka menggigil dan sesak nafas bisa jadi bagian dari tanda infeksi TBC. Namun keluhan pasti seseorang dengan TBC biasanya adalah batuk lebih dari 2 minggu, batuk berdarah atau bercah dahak bercampur darah, disertai sesak nafas, penurunan berat badan, keringat malam, demam menggigil.

Untuk konfirmasi pasti diagnosa TBC biasanya dokter melakukan pemeriksaan dahak sputum BTA dan foto rontgen, jika hasil sputum ditemukan bakter MTB maka seseorang tersebut positif menderita TBC dan harus minum obat OAT selama 6 bulan atau berdasarkan intruksi dari dokter. Seseorang dengan TBC biasanya juga memiliki faktor resiko seperti kebiasaan merokok, sering terpapar asap atau pekerjaan di lokasi tambah. 

Saya sarankan agar anda membawa orang tua anda segera ke dokter untuk memastikan penyakit yang dialami dan tatalaksana yang tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.