Gejala apakah yang saya rasa, merasa tidak berguna dan hampa?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 18 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Saya sering merasa kalau hidup saya ini tidak berguna. Saya selalu merasa kosong dan hampa dalam hidu saya. Seperti tidak ada harapan hidup. Saya juga stres berat. Sampai saya mencoba bunuh diri. Saya juga orang yang susah untuk bersimpati pada orang lain. Saya lebih suka memikirkan diri saya dan tidak peduli pada orang lain. Saya juga menyukai adegan pembunuhan. Apa yang sebenarnya terjadi pada saya? Apakah saya memiliki gangguan kejiwaan? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FA

Terimakasih sudah mengajukan pertanyaan di Forum SehatQ.

Anda sedang mengalami gejala depresi, dimana anda merasa berat dalam setiap hal. Yang perlu diingat adalah anda tidak sendirian dan banyak orang yang mengalami hal berat dalam hidupnya. Yang terpenting adalah bagaimana anda menyingkapi adanya masalah tersebut dan bagaimana anda mengatasinya.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan, misalnya anda jangan menutup diri terhadap orang lain terutama yang di sekitar anda. Karena peran orang lain bisa sangat membantu dalam melewati masalah anda.

Komunikasikan kembali dengan keluarga anda, misalnya orangtua atau saudara kandung. Yang dapat menerima anda apa adanya. Bahkan orang terdekat misalnya pasangan anda atau teman dekat juga bisa anda utarakan keluh kesah anda.

Carilah aktivitas yang membuat anda senang dan rileks. Bisa dengan membaca buku atau dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga berat, anda bisa melakukan yoga ataupun meditasi untuk menenangkan hati anda.

Kapanpun anda membutuhkan, anda bisa konsultasi dengan Dokter Psikiatri atau Psikolog untuk penanganan selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tertawa juga dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terbukti Secara Ilmiah! Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Anda

Tertawa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Hal ini dibuktikan melalui temuan berbagai penelitian. Manfaat tertawa antara lain dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai cara agar tidak stres, hingga mencegah penyakit jantung.