Gejala apakah kram seluruh tubuh, mata pegal dan nyeri dada?

TA Info Penanya: TA, Wanita, 2019 Tahun
Sudah beberapa kali saya mengalami kram seluruh tubuh dan tidak bisa digerakkan. Disamping itu mata saya juga terasa sakit sekali seperti pegal yg berlebih dan bisa memicu sakit kepala. Dan saya sering nyeri di bagian ada dan nafas sedikit berat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TAA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kram adalah kontraksi tiba-tiba yang terjadi pada suatu kelompok otot di tubuh anda. Terutama kelompok otot di bagian kaki, dan paha. Namun bisa juga terjadi di otot perut, lengan, dada dan otot lainnya. Nyeri yang terjadi bisa membangunkan anda dari tidur atau membuat anda sulit berjalan. Bisa berlangsung selama beberapa detik sampai dengan 15 menit. Kadang-kadang disertai pembengkakan otot di bawah kulit.

Penyebabnya karena penggunaan berlebih dari otot anda terutama saat berolahraga. Cedera otot dan dehidrasi dapat juga menyebabkan kram. Dehidrasi adalah hilangnya cairan berlebihan dari tubuh. Rendahnya kadar elektrolit yang mempengaruhi fungsi otot seperti kalsium, kalium, natrium dan magnesium. Rendahnya aliran darah ke otot yang mengalami kram saat beraktivitas juga bisa mengakibatkan kram.

Beberapa kondisi klinis juga mengakibatkan kram seperti reaksi tubuh terhadap infeksi tertentu, anemia, kehamilan, hipotiroid, alkoholism, sampai dengan penyempitan saraf.

Anda bisa mengkompres dengan panas / dingin menggunakan kain basah, penghangat atau es batu pada saat mulai ada kram. Kemudian dilanjutkan peregangan otot yang kram. Bila masih sakit dapat minum obat anti nyeri yang dijual bebas. Bila belum membaik sudah waktunya anda dievaluasi lebih lanjut dengan Dokter untuk mendapatkan terapi tambahan yang tepat.

Beberapa tips untuk mencegah kram :

  • Stretching sebelum olahraga
  • Jangan olahraga langsung setelah makan
  • Kurangi asupan kafein dan coklat
  • Minum cairan yang cukup
  • Asupan elektrolit dengan supplemen, susu, jus jeruk dan pisang 

Semoga informasi dari saya membantu. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

TA
01 Aug 2019, 23:07
Terimakasih dok atas penjelasannya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga lansia sebenarnya tidak jauh berbeda dari olahraga secara umum

Olahraga untuk Lansia? Coba 7 Gerakan Sederhana Ini

Siapa bilang olahraga hanya untuk anak muda? Olahraga untuk lansia juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan tubuh tetap fit. Terdapat banyak jenis olahraga lansia yang bisa dilakukan, seperti gerakan bird dog, chair squat, wall pushup, dan sebagainya.