Apa penyebab demam yang di alami ibu saya?

EC Info Penanya: EC, Pria, 1 Tahun
Dok.saya ingin konsultasi tentang penyakit ibu saya.sebelum adanya covid19 ibu saya sudah ada urat syaraf yang terjepit terasa sakit dan itu mengakibatkan ibu saya demam dan menggigil yg sangat hebat.lalu pernah sampai di bawa ke rumah sakit Koja.pernah di anjurkan m.r.i dok.lalu ibu saya ragu untuk di operasi.dan setelah itu ibu saya kembali LG merasakan sakitnya demam menggigil.di bawa LG RS Koja di nyatakan ibusaya mengalami gejala tipes di rawat selama 4hari lalu siuman.skrg ibusya sakit lg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam EC,

Demam adalah gejala yang ditandai oleh peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius. Penyebab dari demam sendiri sangat beragam mulai dari adanya infeksi pada tubuh, pasca imunisasi, peradangan sendi, kurang asupan cairan dan beragam penyebab lainnya.

Apabila sebelumnya pernah mengalami saraf terjepit terutama pada tulang belakang kondisi ini disebut dengan hernia nucleus pulposus (HNP) dimana untuk memastikannya perlu dilakukan pemindaian dengan MRI. MRI sendiri bukan merupakan operasi tapi pemeriksaan radiologi. Nantinya jika penyempitan tulang belakang lebih berat memang memerlukan operasi tetapi jika tidak bisa dilakukan penanganan lain mulai dari pengobatan, fisioterapi dan penangan lainnya.

Demam tifoid

Jika saat ini mengalami demam dan saat dilakukan pemeriksaan sebelumnya didapatkan infeksi seperti tipes atau demam tifoid, maka demam bisa masih timbul dalam 2-3 minggu terutama di sore dan malam hari. Untuk itu perlu menjalankan pengobatan yang telah diberikan dan kembali kontrol dalam 2-3 hari kedepan.

Untuk membantu mengurangi gejala demam bisa juga dilakukan beberapa hal lain seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat dengan cukup, tidur minimal 7-8 jam perharinya
  • Jika diberikan obat terutama antibiotik maka perlu dikonsumsi sesuai anjuran dokter
  • Perhatikan asupan makanan dan baiknya menghindari makanan yang mengandung ragi ataupun bisa batasi dulu makanan yang tinggi serat

Nantinya perlu kembali dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis saraf jika keluhan saraf terjepit masih sering kali timbul tetapi untuk kasus demam saat ini bisa dilakukan kontrol pada dokter terdekat ataupun pada dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan evaluasi ulang salah satunya pemeriksaan lab darah untuk menilai masih ada tidaknya infeksi tifus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan salah mengenali penyakit tipes dan tifus karena keduanya berbeda

Penyakit Tipes dan Penyakit Tifus: Namanya Serupa, Tapi Tidak Sama

Penyakit tipes dan penyakit tifus bisa memiliki gejala yang mirip. Penularannya pun sama-sama terjadi di tempat dengan kebersihan yang tidak terjaga. Tapi kedua penyakit ini sebetulnya berbeda. Apa sajakah perbedaannya?