Apa penyebab dari Homoseksual?

AS Info Penanya: AS
Saya rasa saya gay
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Homoseksual merupakan istilah untuk orang yang tertarik secara personal, emosional, atau seksual kepada orang berjenis kelamin sama dengannya. Jika orang tersebut laki-laki, maka umumnya dikenal dengan istilah ‘gay’, sementara jika perempuan ‘lesbian’.

Tidak ada penyebab pasti dari seseorang terkena homoseksual. Peneliti percaya kondisi tersebut disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, antara lain lingkungan, budaya, emosional, hormonal, dan biologis. Ada juga yang mengatakan faktor trauma masa kecil, saudara kandung, bentuk otak dan genetik menjadi salah satu faktor penyebab homoseksual.

American Psychiatric Association (APA) dan World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa homoseksualitas bukanlah sebuah kondisi akibat gangguan mental. Begitu juga Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa Edisi III (PPDGJ III) yang diterbitkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1993, menyebutkan bahwa orientasi seksual bukanlah suatu gangguan.

Namun, homoseksual tidak lepas dari masalah dalam interaksi sosial karena adanya prasangka, stigma, dan diskriminasi. Faktor-faktor lingkungan dan sosial diduga paling berperan dalam menentukan orientasi seksual seseorang. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gaslighting adalah kekerasan emosional yang berbahaya bagi korbannya.

Gaslighting adalah Bentuk Kerasan Emosional yang Berbahaya Bagi Korbannya

Gaslighting adalah bentuk kekerasan emosional yang harus dihindari. Korbannya bisa merasakan kerugian mental yang luar biasa. Kenalilah tanda-tanda gaslighting supaya Anda bisa terhindar dari kondisi tersebut.