Apakah cetirizine baik dikonsumsi jangka panjang?

NK Info Penanya: NK
Setiap 2/3x sehari saya selalu meminum obat alergi yaitu setirizen,, apakah bagus dikonsumsi dalam jangka panjang? Saya mengalami gatal2 sejak pertama haid sekitar umur 12 tahun sampai sekarang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cetirizine merupakan salah satu jenis obat golongan antihistamin. Antihistamin sendiri adalah kelompok obat-obat untuk mengobati reaksi alergi seperti alergi terhadap makanan, serangga, udara, rhinitis alergi, biduran, dll yang menimbulkan gejala-gejala seperti gatal-gatal, kemerahan, dan juga bentol. Kelompok obat-obatan yang termasuk antihistamin yaitu: generasi pertama (chlorpheniramine, cyproheptadine, hydroxyzine, ketotifen, promethazine) dan generasi kedua (desloratadine, fexofenadine, levocetirizine, cetirizine, loratadine). Cetirizine sangat lazim digunakan untuk pengobatan gatal-gatal pada kulit. Walaupun begitu, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, cetirizine memiliki efek samping.

Efek samping dari mengonsumsi cetirizine, yaitu:
  • Mengantuk
  • Mulut kering
  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala / pusing
  • Nyeri perut
  • Sulit BAK
  • Disfagia

Untuk itu, alangkah baiknya jika mengonsumsi cetirizine harus berdasarkan resep dokter. Jika gatal-gatal yang Anda alami tidak kunjung sembuh, maka saya sarankan untuk Anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kulit agar di evaluasi kembali kondisi kulit Anda. Apakah obatnya harus diganti atau tidak. Penyebab gatal-gatal bisa bermacam-macam. Bisa karena alergi, infeksi kulit (bakteri, virus, jamur), dan juga karena kondisi medis tertentu seperti diabetes dan sakit ginjal.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat salep antiinflamasi nonsteroid, kortikosteroid, antibakteri, tacrolimus dapat membantu mengurangi gatal dan kemerahan akibat peradangan kulit

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim adalah peradangan kulit berupa gatal, kemerahan, dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat diobati dengan salep antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter.