Apa penyebab gatal-gatal?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 16 Tahun
dok, temen saya kan gatelen dari tgl 27 des kemaren trus sampe sekarang belum sembuh juga, udah dikasih caladin sama obat dari dokter juga tapi ga ada perubahan, trus luka gatelnya itu kaya luka bakar trus itu banyak, muncul kek luka bakar itu cuma kalo siang aja, kalo malem engga tapi kalo gatelnya siang malem, itu kanepa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh reaksi gigitan serangga, kutu atau air liur tomcat, reaksi alergi, atau gangguan fungsi ginjal, diabetes, eksim, dll. Tanpa melihat, tentunya sulit dipastikan penyebabnya yang mana.

Namun bila lesi kulitnya seperti luka bakar maka bisa disebabkan oleh :

  1. Paparan air liur tomcat. Lesi kulit awalnya berupa ruam kemerahan yang terasa panas, perih, nyeri dan lambat laun akan menyerupai luka bakar yang lama-lama akan mengering dan mengelupas. Biasanya akan membaik dalam waktu 10-14 hari.
  2. Herpes. Lesi berupa gelembung-gelembung berisi cairan yang bergerombol, terasa gatal, panas, dan nyeri. Kadang bisa disertai dengan demam, nyeri sendi.
  3. Impetigo.

Sementara yang bisa dilakukan agar gatal-gatal tidak semakin parah adalah :

  1. Selalu bersihkan lesi gatalnya dengan air dan dikeringkan.
  2. Minum obat golongan antihistamin.
  3. Luka jangan dikelupas atau digaruk-garuk. Bila ada benjolan yang berisi cairan jangan dipecahkan.

Saran saya segera ajak teman Anda periksa ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan tepat mengingat sudah berlangsung selama 1 bulan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lakukan cara membasmi ulat bulu yang efektif agar hewan ini tidak muncul lagi

Cara Membasmi Ulat Bulu yang Alami, Apa Saja?

Cara membasmi ulat bulu bisa dengan bawang putih hingga cabai untuk mencegahnya kembali lagi. Selain itu, Anda juga perlu tahu pertolongan pertama jika terpapar ulat bulu.