28 Dec 2020, 22:41Kulit & Kelamin

Gatal-gatal di bagian ketiak dan dada

OA
Info Penanya: OA0
Dok, mo tanya sya udh sebulan gatal-gatal terus dibagin dpn ketiak sama dada entah dr makanan atau cuaca dingn pas kejadinya musim hujn gatal-gatal trs tp klau dr makannn ttp aja gatal klau badan djemur agk ngurangn gatelnya, trs bis di garuk cuma membekas merah tp ilang lg kecuali digaruknya makin trs"n pasti luka perih krn dipaksa digaruk krn gatal bgtt .itu saja sya tanyakan mohon solusinya dan obatnya apa dok....
174 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang OA,Gatal adalah keluhan pada kulit yang memiliki beragam kemungkinan penyebab, bisa karena alergi, infeksi kulit, peradangan kulit, dan juga beragam penyebab lainnya. Gatal juga bisa disertai adanya ruam, benjolan kulit, bentol dan juga menjadi luka jika digaruk.

Penyebab gatal

Beberapa penyebab gatal yang sering diantaranya adalah:
Untuk mengatasi rasa gatal dapat dilakukan beberapa cara seperti menjaga kebersihan kulit dengan mandi teratur, bilas area yang gatal dengan air dingin atau kompres air dingin, gunakan bedak salisil atau losion calamine untuk meredakan gatal, minum obat pereda gatal atau obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat.Jika tidak ada perbaikan atau keluhan gatal sering kali berulang, maka sebaiknya diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis kulit agar dipastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gatalpenyakit kulitinfeksi jamurbiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil