28 Jan 2021, 14:02Kulit & Kelamin

Gatal-gatal kelamin dan bokong malam hari apa penyebabnya?

RD
Info Penanya: RD0
Selamat siang dok,putra saya remaja 13 th,hampir tiap malam gatal2 di kelamin dan sekitarnya hingga pantat,obat apa yang harus diberikan untuk menyembuhkannya ?
170 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam RDGatal-gatal pada kulit di bagian kelamin dan bagian bokong terutama malam hari disebabkan karena adanya infeksi kutu kelamin yang disebut dengan skabies atau kudis.

Gejala Infeksi Kutu Kelamin Skabies

Infeksi ini disebabkan oleh tungau Sarcoptes Scabiei yang bersarang dan bertelur di bawah kulit dan membentuk terowongan. Gejala dari skabies adalah:
  • Gatal malam hari disebabkan karena tungau lebih aktif bergerak saat malam hari.
  • Bintik-bintik berair bisa timbul di bagian jari kaki, jari tangan, kelamin, bokong, pinggang hingga ketiak dan leher
  • Kemerahan di kulit karena garukan
  • Ada anggota keluarga atau teman yang memiliki keluhan yang sama
Penularan dapat melalui kontak kulit, benda-benda berserat seperti kain, pakaian, sofa, gorden, selimut, handuk dan kasur. Apabila penyebabnya memang tungau skabies bisa ditangani dengan pemberian krim permethrin 5% yang dioles dari leher hingga ujung kaki dan didiamkan selama 12 jam tidak boleh terkena air. Krim lainnya juga bisa digunakan seperti salep 24, krim belerang dan sebagainya. Anda sebaiknya membawa anak anda untuk diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin melalui chat atau langsung ke fasilitas kesehatan yang ada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan penyebabnya apakah benar karena tungau skabies ataukah karena penyebab lainnya seperti alergi atau iritasi. Alergi atau iritasi bisa dipicu karena bahan celana dalam, bahan deterjen dan pewangi yang digunakan atau penggunaan lotion.Sementara itu lakukan pemebersihan dengan merendam semua pakaian dan bahan berserat lainnya dengan air panas, jemur kasur dan sofa diterik matahari dan ditepuk-tepuk agar kutu mati dan tidak menyebabkan kekambuhan atau penularan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
gatalkutu kemaluankutu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil