Kenapa anak gatal berair dan bernanah?

TL Info Penanya: TL
Selamat mlm dok, anak sy umur 4th gatal2 ada yg berair ada juga yg bernanah ukuran nya kecil2, kira² itu penyakit apa ya dok,?? Sy udah bawa berobat dua kali cuma blm ada perbaikan, terus penanganan nya harus seperti apa?? Terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa gatal bisa diaraskan oleh siapa saja tanpa memandang usia, dari orang dewasa, remaja, anak-anak, bahkan dirasakan oleh bayi. Rasa gatal memberikan kita reflek untuk menggaruk. Terkadang, tanpa kita sadari garukan yang kita lakukan dapat melukaiarea yang gatal tersebut. 

Adapun beberapa keadaan yang menyebaban gatal dan terkadang juga berair  adalah sebagai berikut:

Terkait dengan pertanyaan Anda, pastikan mengetahui penyebab rasa gatal terlebih dahulu. Jika bagian yang terasa gatal muncul nanah, berarti kemungkinan luka pada area yang gatal tersebut sudah terinfeksi oleh bakteri.

Jika, sudah malakukan pemeriksaan ke dokter namun keluhan masih dirasa belum membaik atau justru semakin  bertambah, Anda bisa berkonsultasi lagi untuk dilakukan evaluasi terapi dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Selain itu Anda juga bisa memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis kulit terdekat.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah pastikan anda menjaga kebersihan tubuh anak dan kebersihan lingkungan sekitar, hindari makanan yang dirasa dapat menimbulkan alergi (jika anak ada riwayat alergi sebelumnya), pastikan anak teteap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta gunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi jerawat di alis

Kenali Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Mengobatinya

Jerawat di alis dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Folikel rambut dan penumpukan sel kulit mati yang tersumbat dapat menjadi salah satu alasannya.