Kenapa terasa gatal tenggorokan dan dada tidak nyaman?

HF Info Penanya: HF, Pria, 40 Tahun
Tenggorokan gatel dan ada merasa tidak nyaman gejala apa ya Dok? Mks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HF,

Tenggorokan gatal adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab baik karena gangguan pernapasan seperti flu atau infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan seperti maag atau asam lambung, reaksi alergi dan lainnya.

Apabila disertai rasa tidak nyaman di dada atau nyeri ulu hati perhatikan apa yang jadi pemicunya. Tidak jarang kebiasaan seperti terlambat makan, stres, kelelahan, kebiasaan merokok, paparan polusi juga bisa jadi pemicunya.

Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala seperti:

  • Perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi sering
  • Perbaiki asupan makanan dengan menghindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung seperti makanan asam, pedas, bersantan, minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan cokelat
  • Cukup istirahat
  • Hindari paparan alergen
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Kelola stres

Bisa juga konsumsi obat pelega tenggorokan ataupun obat maag seperti antasida sebelum makan jika sedang terasa dada tidak nyaman. Apabila ada batuk dan sesak lebih berat maka perlu memeriksakan diri pada dokter untuk diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BJ
28 Apr 2020, 07:40
Terimakasih Dok, nasehat dia Tas membantu menghilangkan parno di masa ini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 08:25
Terimakasih kembali. salam sehat
Dibalas oleh RA
29 Apr 2020, 11:32
Tapi klo kadang suka ngerasa mau batuk gitu kenapa dok tapi batuknya cuman 1 kali 2 doang dan jarang banget.Tapi 3 minggu lali saya priksa udah 3 kali katanya kebanyakan ngopi dan makan makanan pedes.Tapi memang betul saya kopi gapernah telat sama rokok dan suka pedes dokI
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Apr 2020, 11:08
Hi, RA.
Keinginan Anda untuk batuk itu dipicu oleh kebiasaan merokok, ngopi, dan makanan yang pedas. Sebaiknya, dihentikan dulu kebiasaan-kebiasaan tersebut karena itu bisa memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan keinginan untuk batuk.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang diperbolehkan tidak puasa adalah mereka yang menderita penyakit seperti maag akut

Siapa Saja Orang yang Diperbolehkan Tidak Puasa?

Orang yang diperbolehkan tidak puasa saat bulan Ramadan adalah yang menderita penyakit. Jika memaksakan, dikhawatirkan kondisinya justru semakin parah.