Gatal tak kunjung sembuh apa sebabnya?

SR Info Penanya: SR
Dok mau tanya rasa gatal pada paha yg gak kunjung sembuh bintik merah udah berminggu" belum hilang gatal a, kalo hilang muncul di bagian lain. Karna apa ya dok? Trus gimana penyembuhan a. Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi SR,

Kulit adalah lapisan terluar tubuh kita yang berguna diantaranya selain melindungi tubuh kita dari serangan mikroorganisme di luar tubuh juga berguna sebagai proses metabolisme. Kelainan kulit bisa terjadi diantaranya peradangan dan perubahan warna terhadap kulit dalam istilah medis disebut Ruam Kulit. Reaksi tubuh terhadap ruam diantaranya rasa gatal-gatal, bintik serta adanya warna kemerahan. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gatal pada kulit diantaranya :

  1. Dermatitis atopik adalah radang pada permukaan kulit disertai gatal
  2. Dermatitis kontak adalah radang pada kulit karena kontak dengan bahan penyebab alergi disebut juga Alergen (sabun, pewangi, perhiasan, deterjen, tanaman, dst)
  3. Dermatits Seboroik adalah kelainan pada kulit yang terdapat kelenjar minyak di dalamnya biasanya di area kulit kepala, wajah, dada bagian atas dan punggung.
  4. Infeksi Jamur dimana jamur mudah menyerang pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang turun biasanya pada pasien yang menjalani terapi antibiotik serta pada permukaan tubuh yang sering berkeringat, lembap dan tertutup. Kelainan ini ditandai dengan muncul bintik kemerahan gatal di area yang khas lembab misal selangkangan, sela jari, ketiak dan lain-lain.
  5. Serangan dan gigitan Serangga, misal semut, lebah, nyamuk, kutu dan lain-lain.
  6. Alergi obat. Biasanya ditandai dengan muncul ruam kemerahan dan bentol- bentol (biduran) pada beberapa bagian atau seluruh bagian tubuh.
  7. Campak. Kelainan disebabkan infeksi virus yang menyebabkan ruam kulit di seluruh tubuh penderita dan ditandai dengan adanya demam.

Jika melihat keluhan Anda maka akan mengarah ke infeksi jamur, karena lokasi gatal seperti yang Anda sebutkan di lokasi yang lembab, tertutup dan sering berkeringat yang menjadi tempat berkembangya jamur. Namun agar mendapatkan penanganan yang lebih optimal Anda baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit diantaranya :

  1. Hindari pemakaian pakaian dengan bahan kurang mampu menyerap keringat dengan baik, pakailah pakaian dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik.
  2. Pakailah pakaian yang Longgar dan tidak ketat untuk megurangi kelembapan pada area tubuh tertentu.
  3. Hindarilah sering menggaruk terutama jika kuku Anda tajam karena dikhawatirkan akan menimbulkan luka pada garukan dan terjadi infeksi sekunder.
  4. Hindari pemakaian bahan yang sering memicu alergi semisal dari bahan wool.
  5. Usahakan mengelola stress Anda kareana stress juga bisa memicu rasa gatal berlebihan.
  6. Periksakan ke dokter sebelum menggunakan salep gatal karena pemakaian salep yang tidak sesuai bisa mengakibatkan gejala makin parah.
  7. Pastikan diri Anda kering sebelum memakai pakaian atau kaos kaki disebabkan saat bagian tubuh yang basah dan lembab sering menjadikan bakteri dan jamur berkembang biak dengan cepat di area tersebut.

Demikian informasi yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat gatal kulit dapat beragam, mulai dari es batu, cuka apel, hingga obat-obat dokter

Pilihan Obat Gatal Kulit, dari yang Alami Sampai Obat Dokter

Kulit yang gatal tentu saja menyebalkan. Untungnya, ada beberapa pilihan obat gatal kulit yang tak sulit dicari, mulai dari soda kue, es batu, sampai obat dokter.