gatal selankangan dan bokok seperti ada kudis

R Info Penanya: R, Pria, 21 Tahun
Selamat pagi dok, saya punya masalah dengan gatal gatal pada selangkangan dan bokong sebelah kiri, di selangkangan sudah hitam bekas gatal gatal tersebut dan di bokong ada kudis, cara mengatasi nya gimana ya dok saya sudah ke dokter dan di beri salep dan obat tetap tidak sembuh juga, kejadian mulai dari 1 thn yang lalu dimulai dari selangkangan? mohon respon nya terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R

Kondisi gatal selangkangan dan bokok seperti kudis paling sering disebabkan oleh jamur atau disebut tinea kruris. Infeksi jamur terjadi akibat kurang menjaga kebersihan dan kelembapan daerah selangkangan. Kondisi lain yang juga dapat mencetuskan infeksi jamur lain adalah penyakit sistemik yang mendasari seperti diabetes militus, kondisi imunokompremis atau imun rendah pada HIV, sedang konsumsi kortikosteroid dan pasien yang menjalani kemoterapi kanker.

Saya sarankan anda menjaga kebersihan sekitar selangkangan, mengganti celana dalam saat lemban, hindari memakai pakaian yang terlalu ketat. untuk rasa gatal dapat di kontrol dengan obat antihistamin, selanjutnya anda juga dapat mengkonsumsi obat anti jamur. Untuk pemberian obat salep biasanya diberikan golongan anti jamur ketokonazol atau mikonazol, obat salep ini di oleskan secara tipis hingga ke bagian kulit yang sehat atau belum terjangkit agar jamur tidak semakin meluas. Untuk konsumsi obat anda harus berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jamur mulut biasanya berwarna kemerahan dengan bagian tengah putih, mirip sariawan

Jamur Mulut dan Sariawan, Bagaimana Membedakannya?

Sariawan dan jamur mulut seringkali sulit dibedakan. Jamur di mulut bisa terjadi karena pola membersihkan area mulut yang salah.