Gatal sekeluarga kenapa

M Info Penanya: M
Dok sy mau tanya, kira2 penyakit gatal berkepanjangan itu apa sebabnya krn smua keluarga sy terkena gatal2 Dok dan sdh ber obat ke bidan dan ke dokter blm sembuh2 mhon arahannya dokter, yg sy sngat gk tega pd si kecil msh umur 22bln gatal2 jg dok bintik2 kecil dan ada airnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi M.

Gatal yang dialami 1 keluarga dapat disebabkan oleh kutu scabies.

Scabies merupakan penyakit kutu yang menyebabkan keluhan gatal-gatal terutama pada malam hari. Biasanya menyerang pada anak-anak di asrama atau pesantren. Di awali dengan luka awal disela-sela jari dan bisa menyebar keseluruh tubuh, dapat disertai demam maupun tidak.

Untuk memastikan penyebab gatal secara pasti saya sarankan Anda dan keluarga langsung ke dokter untuk diperiksa (saya sarankan 1 keluarga, bukan hanya Anda atau adik kecil Anda) karena pengobatan scabies tidak bisa pada satu orang saja.

Jika memang benar, karena scabies ini sangat menular saya sarankan:

  • Jangan sharing peralatan pribadi Anda atau keluarga Anda satu sama lain
  • Selalu ganti sprei kasur dan jemur dibawah matahari setiap pagi
  • Perhatikan kontak secara langsung dengan orang-orang sekitar

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran menghasilkan rasa gatal dan bentol pada kulit yang disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran memiliki gejala yang mirip dengan kelainan kulit lainnya, seperti dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Namun, perbedaan antara biduran dan dua kelainan kulit tadi adalah biduran terlihat kemerahan, munculunya bentol, dan disebabkan oleh infeksi virus atau alergi makanan.