19 May 2021, 00:40Kulit & Kelamin

Kenapa gatal kambuh-kambuhan di kulit telapak?

RS
Info Penanya: RS0
Dok. Mau tanya. Ini saya punya penyakit gatal gatal cuma di telapak tangan dan di telapak kaki doang. Kadang kumat nya kalau ada tekanan dan gesekan doang. Apa ya dok obatnya. Dan ini gejala dari apa..?? tq
139 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RS         Terima kasih atas pertanyaannya.Gatal-gatal di kulit penyebabnya cukup banyak bisa karena reaksi alergi, iritasi hingga adanya penyakit kulit yang menyertai.  Pada beberapa orang rasa gatal dapat hilang dengan sendirinya terutama pada orang dengan alergi namun ada pula yang membutukan pengobatan agar meredakan rasa gatal tersebut. 

Penyebab gatal pada kulit telapak :

  • Dermatitis kontak yaitu kondisi kulit kemerahan, gatal dan juga mengelupas atau bersisik saat kontak dengan zat kimia contohnya sabun, detergen, cairan pembersiha ruangan, parfum juga perhiasan.
  • Dermatografi yaitu kondisi kulit yang akan gatal, bentol ketika ada gesekan atau goresan pada bagian kulit tersebut. Kondisi tidak berlangsung lama namun akan timbul ketika ada faktor pemicunya. 
  • Eksim atau peradangan kulit kronis yang menimbulkan gatal yang kambuh-kambuhan dengan kondisi kulit yang kering dan besisik. 
Bila gatal terjadi karena ada faktor pemicu kemungkinan anda memiliki alergi tertentu.  Untuk lebih jelasnya, anda dapat periksa ke dokter spesialis kulit guna dilakukan pemeriksaan langsung pada kulit apakah kondisi anda termasuk alergi atau ada faktor lain. Sementara ini tentu hindari faktor pemicu gatal, hndari digaruk agar tidak infeksi, oleskan lotion atau bedak yang kandungannya calamine, dan minum obat alergi contohnya chlorpeniramine maleat.  Pastikan tidak sedang beraktivitas karena obat alergi menimbulkan kantuk. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
alergigatalkutudermatitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil