06 May 2021, 18:48Kulit & Kelamin

Apakah bawang putih efektif mengurangi gatal pada selangkangan ?

RD
Info Penanya: RD, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya, gatal selangkangan kalau diobati pakai bawang putih yang ditumbuk tanpa campuran apapun apakah baik ya dok? Masalahnya kalau pakai bawang putih rasanya kulit seperti terbakar, apakah tidak apa apa untuk kulit? Semua obat sudah saya pakai baik tradisional sampai salep tapi semua ga ada perubahan, cuma pakai bawang putih yang agak mendingan, tapi panas seperti terbakar yang saya takutkan.. Terimakasih
6324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Saat selangkangan terasa gatal maka aktifitas sehari-hari dapat terganggu, konsentrasi menurun, rasa tidak nyaman, malu saat berhubungan dengan pasangan. Rasa sangat gatal pada selangkangan membuat luka di kulit karena garukan. Luka dapat menyebabkan infeksi baru sehingga keluhan tidak kunjung membaik.

Apa yang menyebabkan gatal pada selangkangan ?

Beberapa penyebab gatal pada selangkangan antara lain :
  • Infeksi kulit karena jamur atau yang disebut dengan tinea kruris.
  • Iritasi akibat penggunaan sabun.
  • Pasca mencukur bulu kemaluan.
  • Jarang mengganti pakaian dalam.
  • Menggunakan pakaian dalam dan celana yang ketat.
  • Kutu pada rambut kemaluan.

Apakah bawang putih dapat mengatasi rasa gatal pada selangkangan ?

Bawang putih mengandung beberapa zat anti peradangan, anti bakteri, anti jamur serta anti oksidan yang dipercaya dapat mengurangi rasa gatal pada selangkangan. Namun penggunaan bawang putih saja dapat menimbulkan iritasi sehingga kulit terasa panas dan terbakar. Untuk itu, Anda dapat menambahkan minyak zaitun saat menggunakan bawang putih yang telah ditumbuk pada selangkangan.Namun jika keluhan tidak membaik, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter kulit kelamin dalam mengobati keluhan Anda. Pengobatan yang tepat membuat keluhan hilang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan organ intim, hindari penggunaan sabun, ganti pakaian dalam lebih sering, pilih pakaian dalam dan celana yang menyerap keringat, hindari duduk terlalu lama.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan organ intimkutu kemaluanskrotum gatal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil