16 Oct 2020, 23:16Kulit & Kelamin

Gatal pada kulit, apa saja penyebabnya?

CT
Info Penanya: CT0
Dok, mau nanya ini kan saya sudah 2 bln kulit ny awal ny kecil kyk jrwat trs gtal bgt, stlh saya garuk di mlah merah, hitam melebar. Klau boleh tau itu pnykt apa y dok? Ada salep ny gk dok buat hilang bekas hitam ny sm hilangin gatal ny?
335 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, CTerima kasih atas pertanyaan AndaGatal bisa terjadi pada seluruh lapisan kulit tubuh. Rasa gatal akan memberikan reflek untuk menggaruk. Gatal yang sesekali dirasa wajar, namun bila gatal dirasakan terus menerus maka diperlukan pemeriksaan.

Adapun kemungkinan penyebab gatal pada kulit adalah:

Terkait dengan keluhan Anda, rasa gatal yang di garuk akan memberikan bekas pada kulit dan salah satunya berupa bercak kehitaman. Kondisi tersebut disebut dengan hiperpigmentasi pasca inflamasi, yaitu adanya area kulit yang berwarna lebih gelap dari sekitarnya karena riwayat peradangan pada kulit. Beberapa kemungkinan penyebab gatal bisa disebabkan oleh kondisi yang telah di sebutkan di atas. Karena keluhan ini sudah Anda rasakan selama 2 bulan belum membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat. Sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab gatal yang Anda rasakan.Jaga kebersihan tubuh, gunakan lotion atau krim pelembab agar kulit tidak kering, konsumsi makanan bergizi, minum air cukup dan untuk sementara Anda bisa menggunakan lotion calamine untuk membantu mengurangi rasa gatal.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
gatalkesehatan kulitinfeksi jamurkandidiasistinea korporis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil