Gatal seperti bisul di bokong, bagaimana penanganannya ?

AI Info Penanya: AI
assalamualaikum dok saya punya penyakit gatal di pantat kya bisul gtu gede² bentol nya trus ada juga yg udh kebakar krna di garukin ,udh 3 bulan penyakit gatal saya ini gk sembuh², saya mohon pengunjuk nya dok saya pengen sembuh,gk nyaman klo lg duduk atau tdran, perih sama gatal,terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Waalaikumusalam AI.

Gatal adalah sensasi paling minimal dari nyeri, yang dapat dirasakan pada kulit ketika ada gangguan tertentu seperti iritasi, alergi hingga infeksi. Salah satu keadaan gangguan kulit yang dapat menimbulkan keluhan gatal adalah infeksi bakteri berupa bisul. Bisul sendiri merupakan gangguan kulit yang berupa benjolan dan umumnya berwarna kemerahan, disertai rasa nyeri. Nyeri yang terjadi dipicu oleh pembesaran ukuran bisul yang sudah mulai berisi nanah. Pada dasarnya bisul dapat sembuh atau pecah dan mengering dengan sendirinya dalam hitungan hari atau minggu. Namun keadaan tersebut sangat bergantung pada derajat keparahan bisul.

Mengenai keluhan gatal yang menyerupai bisul di bokong Anda mungkin benar berupa bisul jika disertai adanya nanah. Namun dapat pula berupa infeksi kulit lainnya. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Terutama apabila sudah tidak kunjung sembuh selama kurun waktu tiga bulan. Anda perlu untuk memeriksakan keadaan tersebut pada ahlinya, yakni dokter Spesialis Kulit.

Sementara ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah, antara lainnya ialah :

  • mengompreskan waslap hangat pada bisul beberapa kali sehari agar cepat matang  
  • menggunakan tea tree oil
  • menggunakan bubuk kunyit pada bagian bisul atau meminum bubuk kunyit untuk mendapatkan khasiatnya dari dalam tubuh
  • dan lain-lainnya

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.