Gatal setelah mencukur rambut kemaluan

P Info Penanya: P
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya seminggu yg lalu saya mencukur rambut kemaluan. Lalu beberapa hari kemudian terasa gatal dan saya garuk. Ini sudah 4 hari terdapat bentol yg apabila disentuh muncul rasa gatal. Dan skrng bentol tersebut menjadi datar dan sedikit berair. Kira kira itu kenapa ya dokTerimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi P,

Bentol akibat mencukur rambut kemaluan adalah gejala yang bisa terjadi apabila terjadi infeksi salah satunya infeksi pada folikel rambut kemaluan atau disebut folikulitis. Benjolan tersebut bisa timbul disertai peradangan ataupun timbulnya benjolan berisi air atau nanah.

Kondisi ini bisa terjadi salah satunya akibat iritasi ataupun infeksi yang terjadi saat mencukur rambut kemaluan baik cara mencukur yang tidak baik, kebersihan yang tidak terjaga ataupun perawatan setelah mencukur yang tidak baik.

Jika benjolan makin besar ataupun bertambah jumlahnya, timbul kemerahan ataupun terasa nyeri perlu diperiksakan agar diberikan penanganan. Apabila ada infeksi dan ruam kulit maka akan diberikan pengobatan baik obat minum ataupun salep, jika karena bakteri maka akan diberikan salep antibiotik.

Untuk sementara bisa dilakukan beberapa hal seperti:

  • Jika ada luka bisa bersihkan dengan cairan antiseptik
  • Jika timbul benjolan, hindari memecahkan atau menggaruk benjolan tersebut
  • Kompres dengan air hangat
  • Jika gatal atau nyeri bisa minum obat parasetamol dan chlorpheniramine maleat atau oleskan losion calamine

Periksakan diri pada dokter apabila keluhan tidak membaik untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.