Gatal dan keluar cairan kuning dari vagina, solusinya?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 18 Tahun
Dok akhir"ini saya sering mengalami gatal pada vagina saya dan mengeluarkan cairan keputih Kuningan sehingga membuat aromanya jadi tidak sedap. Apa yang harus saya lakukan, apa ada obat tradisionalnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WW.

Vagina adalah organ reproduksi wanita. Dalam kondisi normal, vagina akan mengeluarkan lendir yang berfungsi untuk melembabkan vagina dan membantu menangkap benda asing yang masuk. Lendir tersebut berwarna bening, tidak berbau, dan tidak menggumpal, yang disebut 'keputihan'.

Apabila keputihan berwarna putih susu, kuning, atau kehijauan, berbau amis atau busuk, serta disertai rasa gatal, berarti ada sesuatu yang tidak normal pada vagina. Kondisi ini bisa disebabkan karena infeksi jamur candida, bakterial vaginosis, virus, ataupun infeksi menular seksual.

Untuk memastikan penyebab gatal pada vagina Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan cairan vagina, kemudian memberikan terapi yang tepat.

Sementara, jagalah kebersihan vagina. Selain itu, pastikan vagina tidak lembab, gunakan bahan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Walaupun gatal, hindari menggaruk karena bisa memicu infeksi lanjutan. Jika tak tertahankan, Anda juga bisa mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal setelah melahirkan bisa terjadi di area perut, lengan, kaki, hingga punggung

Gatal Setelah Melahirkan Bikin Kesal? Ternyata Ini Penyebabnya

Gatal setelah melahirkan bisa terjadi akibat perubahan hormon sekaligus rasa stres. Ibu baru, jangan lupa untuk rileks ya!