Apa penyebab candidiasis?

KV Info Penanya: KV
Dok sya sering gata2 di are fagina yg tumbu kaya jamur2 si sebabkan ole apa itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, KV.

Candidiasis vagina adalah infeksi jamur Candida yang terjadi pada organ intim wanita. Faktor risiko seseorang terkena candidiasis diantaranya menggunakan pembersih vagina berbahan kimia, menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen, ataupun penyakit seperti diabetes atau HIV. Seseorang yang mengalami candidiasis akan merasakan gatal yang hebat pada vagina, yang disertai dengan keputihan abnormal yang kental. Terkadang, vagina juga membengkak, memerah, ataupun terasa nyeri.

Selain candidiasis, ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan vagina gatal, misalnya bakterial vaginosis, folikulitis, infeksi menular seksual, ataupun alergi pembalut wanita. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab pasti dari gatal di vagina Anda. Dokter akan melakukan beberapa tes seperti analisis cairan vagina, dan memberikan terapi yang tepat.

Untuk sementara, lakukan hal-hal berikut:

  • Jaga kebersihan vagina dengan baik
  • Setelah cebok, lap vagina sampai kering baru gunakan celana dalam
  • Gunakan bahan celana dalam yang menyerap keringat, agar vagina tidak lembab
  • Hindari celana yang terlalu ketat

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MS
27 Apr 2020, 05:06
Dear dokter,, kira" 1minggu ini sy Mnglmi gtal d.area kwnitaan sya dok,, sya liat g ada apa",tp trsa gatal skli...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Apr 2020, 22:04
Malam MS,
Gatal di area kemaluan atau area kewanitaan bisa beragam penyebabnya, baik masalah kewanitaan atau keputihan, kutu rambut kemaluan, iritasi, alergi ataupun infeksi kulit seperit infeksi jamur. Jika keluhan gatal sering kali timbul pastikan menjaga kebersihan dan kesehatan area sekitar kewanitaan dengan baik salah satunya dengan rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam. Periksakan terutama jika timbul ruam diarea kewanitaan.
Salam sehat,
dr. Adhi P.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.