Apakah pantyliner bikin vagina gatal?

TP Info Penanya: TP
Dok setelah pakai pantyliner , kok gatal ya di bibir kemaluan saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal di vagina merupakan suatu kondisi yang hampir dialami oleh setiap wanita dan ini sangat tidak nyaman. Biasanya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga menetap karena disebabkan oleh penyakit lain. Beberapa penyebab gatal di vagina yaitu infeksi, penyakit menular seksual (gonorea, klamidia, herpes), menopause, iritasi, stres, dan kanker vulva. 

Kondisi yang membuat vagina Anda menjadi gatal adalah akibat iritasi dari pemakaian pantyliner. Vagina merupakan area yang sensitif. Jadi, gampang iritasi dan gatal jika terkena bahan atau zat kimia tertentu. Biasanya yang menyebabkan iritasi selain pantyliner dan pembalut yaitu sabun, douche, detergen pakaian, pelembut pakaian, dan tisu. 

Untuk itu, perlu Anda ketahui tips memilih pembalut atau pantyliner agar tidak menyebabkan iritasi, yaitu:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Jenis pembalut.
  • Daya serapnya. 
  • Bentuk pembalut.
  • Pembalut yang tidak beraroma. 

Sebaiknya, untuk mengatasi keluhan Anda ini, sementara waktu jangan gunakan pantyliner dahulu, lalu konsumsi obat antihistamin, jangan gunakan sabun pembersih daerah vagina, dan kompres dengan air hangat di daerah yang gatal agar iritasi berkurang.  Jika tidak ada perubahan, sebaiknya berobat ke dokter kulit kelamin.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RP
05 Mar 2020, 23:10
Dok dibwah puser saya ko sering nyerih kenpa ya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi gatal di punggung

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit

Pada umumnya, gatal di kulit terjadi karena kulit yang kering. Namun, Anda bisa juga mengalami gatal di kulit karena penyebab lain seperti kehamilan atau bahkan alergi obat.