24 Jan 2020, 22:20Kulit & Kelamin

Gatal di Kulit Karena Jamur?

CT
Info Penanya: CT0
Dok saya kan terkena gatal karna jamur. Dulu sempat sembuh terus ini kambuh lagi. Nah setiap hari itu saya oleskan odol di gatalnya dok. Setelah itu gatalnya itu berkurang tapi kulit saya jadi menghitam. Itu bagaimana yaa dok? Terima kasih.
47495 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang, CTerimakasi atas pertanyaannya di SehatQ.Gatal di kulit bisa di sebabkan oleh banyak penyebab, bisa karena reaksi alergi (makanan, debu, obat-obatan, suhu dll), infeksi bakteri, infeksi virus dan juga infeksi jamur.Infeksi jamur dikulit merupakan penyakit yang paling banyak di jumpai, ruam yang terjadi di kulit mungkin tidak berbahaya, namun bisa terasa sangat gatal dan mengganggu penampilan. Jamur merupakan organisme yang bisa hidup di sekitar lingkungan kita, seperti udara, tanah bahkan air. Beberapa jamur bisa hidup di tubuh hewan dan manusia.Infeksi-infeksi jamur yang sering ditemukan :
  • Kandidiasis kulit. Infeksi ini disebabkan oleh jamur candida, dapat muncul dibagian tubuh manapun, lebih seringmuncul di daerah tubuh yang lembab seperti selangkangan dan ketiak.
  • Tinea cruris. Muncul pada bagian lipatan kulit yang lembab, misal pantat, selangkangan dan alat kelamin. Kulit yang terkena akan tampak kemerahan, gatal atau perih.
  • Tinea pedis atau kurap kaki. Gejalanya berupa kulit yang mengelupas dan pecah-pecah pada bagian kaki, terdapat kulit yang melepuh dan merah, terasa gatal dan perih. Banyak timbul di sela-sela jari kaki.
Cara Menghindari Penyakit Jamur Kulit
  • Jaga kebersihan kulit, segera keringkan kulit apabila basah atau berkeringat.
  • Ganti pakaian dan kaos kaki setiap hari dan gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat,
  • Jangan bertukar pakaian atau handuk dan juga pakaian dalam dengan orang lain.
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat
Cara Mengatasi Infeksi Jamur
  • Penanganan utama infeksi jamur kulit adalah dengan obat-obatan anti jamur, beberapa obat anti jamur yag bisa digunakan:
    1. Anti jamur oles (topikal) bisa langsung diberikan ke kulit, rambut atau kuku
    2. Anti jamur oral berbentuk pil, kapsul atau cair.
Jika keluhan Anda tidak membaik segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kulit sehatgatalinfeksi jamur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil