08 Jan 2021, 19:18Kulit & Kelamin

Mengapa terasa gatal di testis?

GT
Info Penanya: GT0
Mlm dokter,sy pria usia 40-an. Sdh 3 thn terakhir ini mengalami gatal2 pd testis, dgn ciri2 kulit pd testis mengering kadang mengelupas, rasa gatal yg mengganggu terutama pd mlm hari, jg terdapat benjolan kecil berwarna merah & ada jg yg berwarna putih pucat. Sy sdh coba berbagai obat kulit (salep & cair/oles) termasuk obat untuk kutil tetapi tak kunjung sembuh. Terima kasih atas bantuannya.
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, GTTerima kasih atas pertanyaannya.Area kelamin baik selangkangan, kelamin, serta skrotum atau testis sering menjadi daerah yang cukup lembab sehingga rawan menimbulkan rasa gatal. 

Penyebab gatal di testis :

  • Kulit kering dapat menyebabkan iritiasi. Berkeringat, basah, lembab memicu kondisi ini.  Kulit akan terasa seperti bersisik, kemerahan pada kulit serta perih karena garukan.
  • Infeksi jamur paling sering terjadi pada area kelamin karena kelembapan yang berlebih akan memicu pertumbuhan jamur yang lebih. Infeksi jamur yang sering terjadi karena jamur candida.  Keluhan akan disertai nyeri saat buang air kecil.  Panas pada daerah kelamin dan testis, bengkak, kemerahan, bersisik serta berbau.
  • Infeksi memular seksual seperti herpes, gonore, kutil kelamin ataupun klamidia. Selain gatal akan timbul bintil berair dan keluhan berkemih.  Infeksi ini menular melalui aktivitas seksual secara bebas.
  • Kutu rambut pubis dapat menyebabkan gatal pada kelamin ataupun testis.
Pengobatan gatal pada testis disesuaikan dengan penyebab gatalnya karena jika tidak sesuai maka akan menyebabkan keluhan tidak membaik.  Untuk itu, sebaiknya periksa ke dokter kulit dan kelamin guna melihat apakah penyebab dari keluhan anda sehingga dapat ditangani dengan tepat.Sementara ini, jaga kebersihan kelamin dengan hindari celana ketat, segera mandi dan ganti ketika basah, berkeringat atau lembab, hindari menggaruk agar tidak menyebakan infeksi lanjutan, serta hindari penggunaan handuk ataupun baju yang bergantian.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kutu kemaluankandidiasisskrotum gatal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil