Gatal pada telinga dan mata pedas serta banyak mengeluarkan air.

P3 Info Penanya: P3, Pria, 17 Tahun
Malam Dok, sdh brp bulan terakhir Dok sy mengalami gatal pd telinga, dan pedis pd mata saya dan mengeluarkan air dok cara mengatasi dok bgmn?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P

Keluhan yang Anda rasakan beberapa bulan kenapa tidak berobat ke dokter? Karena penanganannya sangat mudah. Gatal pada telinga paling sering akibat iritasi karena sering dikorek dengan cotton bud. Jadi kulit di dalam telinga radang karena gesekannya. Akhirnya semakin merah dan semakin banyak kotoran telinga yang dihasilkan. Karena cotton bud pula kotoran itu terdorong semakin dalam ke telinga. Cara mengatasinya ke dokter THT supaya dibersihkan dengan baik. Lebih jelasnya ada di artikel Cara Membersihkan Telinga Tanpa Risiko Cedera Gendang Telinga.

Mata pedas dan berair apakah disertai juga mata merah? Biasanya akibat iritasi, iritasi bisa karena terkena angin atau debu, sering bergadang di malam hari, atau terpapar asap rokok dan polusi. Cara mengatasinya dengan menggunakan air mata buatan agar mata tidak kering. Air mata buatan dalam hal ini adalah obat tetes mata yang dijual bebas di minimarket atau apotik terdekat. Bila keluhan belum hilang juga, harus ke dokter ya. Baca juga artikel 7 Cara Mengatasi Mata Kering Ini Adalah Solusi Masalah Mata Anda!

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga balita ternyata mampu mentolerir suara dari film yang diputar saat nonton bioskop

Bolehkah Ajak Anak Balita Nonton Bioskop? Ini Kata Dokter Spesialis THT

Telinga balita masih mampu mentolerir suara film di bioskop. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan film yang akan ditonton. Jika mendengar suara terlalu keras, balita berisiko mengalami gangguan pada telinga dalam.