Gatal pada paha

AN Info Penanya: AN, Wanita, 9 Tahun
Dok saya mau tanya gatal2 pada paha apa penyakitnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AN

Gatal pada paha dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti reaksi alergi urtikaria, infeksi jamur, infeksi bakteri dan reaksi autoimun.

Pada reaksi alergi biasanya gatal timbul setelah terpapar alergen, reaksi terjadi akibat alergi makanan, minuman, obat atau terpapar benda yang menyebabkan alergi. Biasanya dapat hilang dengan menghindari alergen tersebut.

Pada infeksi jamur juga dapat menyebabkan gatal, biasanya gatal disertai bercak merah dan hitam yang gatal di sekitaran paha dan selangkangan, semakin di garuk maka akan semakin gatal, gatal memberat saat panas, berkeringat atau malam hari. Untuk gatal akibat jamur biasanya dapat diberi cream atau obat minum anti jamur.

Penyebab gatal pada paha lainnya adalah infeksi bakteri pioderma seperti selulitis,erisepelas, bisul folikulitis. Biasanya kulit terasa gatal dan panas, terdapat jalur masuk kuman seperti gigitan hewan atau sisa garukan yang menjadi tempat masuk kuman. Biasanya dapat disembuhkan dengan antibiotik.

Pada paha yang terlalu gatal dapat diberikan antihistamin, namun penyebab penyakit yang mendasari harus disembuhkan juga. Saya sarankan anda menjaga kebersihan paha, jangan memakai celana yang terlalu ketat, jika lembab segera ganti celana. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar untuk mengetahui penyebab penyakit anda.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak ditangani, selulitis dapat menyebar hingga ke dalam darah dan tulang

Kaki Berwarna Merah dan Terasa Nyeri, Awas Bahaya Selulitis Pedis!

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada kulit. Infeksi ini dapat menyebar dan menimbulkan komplikasi yang lebih berat.