Vagina dan selangkangan gatal, apa solusinya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 17 Tahun
Dok adik saya umurnya 17 tahun punya msalah gatal2 di area Miss v gatal banget dok, terus selangkangannya merah agak mengelupas cara ngilangin gatalnya gimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RA.

Vagina adalah organ intim wanita yang perlu dijaga kesehatannya. Ada beberapa hal yang kerapkali menjadi masalah vagina, misalnya bengkak, ruam, ataupun gatal. Penyebab masalah vagina ini juga sangat bervariasi, di antaranya jamur, bakteri, virus, sampai alergi.

Terkait pertanyaan Anda, untuk mengurangi gatal pada vagina dan selangkangan adik Anda, sementara dapat melakukan hal berikut:

  • Pastikan kondisi vagina selalu bersih
  • Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
  • Jaga kondisi vagina agar tidak lembab; setelah cebok harap mengelap vagina sampai kering, baru memakai celana dalam lagi
  • Hindari menggaruk bagian yang gatal karena berpotensi memicu infeksi lanjutan
  • Konsumsi obat antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis untuk membantu mengurangi gejala

Apabila gatal tak kunjung hilang, sangat disarankan agar adik Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan, dan menentukan penyebabnya. Setelah diketahui, dokter akan memberikan obat-obatan yang sesuai dan tepat.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RA
13 May 2020, 22:25
Terus di Sergai keputihan yg nggak normal dok, bulan Maret datang bulan tanggal 27 pas bulan April datang bulan tanggal 19 setelah datang bulan udah mulai keputihan terus sampai sekarang terus Miss v gatal banget
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 May 2020, 17:16
Selamat sore, RA.
Jika keputihan menimbulkan rasa gatal sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan ya sebab jika yang menyebabkan jamur maka perlu penanganan secara langsung. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan vagina dan ganti celana dalam berkala.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu

7 Penyebab Penis Gatal dan Ketahui Cara Mengatasinya

Gatal di kemaluan pria dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kulit, atau infeksi menular seksual. Untuk mencegahnya, bersihkan penis dengan baik hingga hindari hubungan seksual yang tidak aman.